IKLAN
HUKUM

12 Bocah Warga Pagerageung, Jadi Korban Pil PCC

TASIKMALAYA, (KAPOL).- Kehadiran pil PCC terus memakan korban di berbagai wilayah Indonesia, salah satunya di Kabupaten Tasikmalaya. Terpantau terdapat 12 orang berusia anak yang diduga menjadi korban karena mengonsumsi pil PCC di Kecamatan Pagerageung beberapa waktu lalu.

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kabupaten Tasikmalaya, Ato Rinanto mengatakan 12 korban mulanya memperoleh pil PCC dari pria berinisial R (16 tahun) yang merupakan warga asli kampung Sukadana. Namun R telah dua tahun meninggalkan kampungnya ke Bekasi. Ketika kembali ke kampungnya, ia menemui teman-teman lamanya. Di saat itulah R menawarkan konsumsi pil PCC.

“Waktu kumpul dengan teman-temannya modusnya pil itu diracik jadi satu sama kopi, diminum berlima tapi tersangka (R) enggak minum, sebagian lagi diberi ke teman-teman yang lain,” katanya ketika mengunjungi korban di RS Jasa Kartini, Senin (25/9/2017).

Akibat tindakan R, ke-12 temannya menderita berbagai keluhan hingga harus dilarikan ke rumah sakit. R sendiri sudah diamankan oleh pihak Kepolisian. Beruntung tak semua korban berada dalam kondisi parah. Sehingga hanya empat orang yang dirawat intensif di RS Jasa Kartini yaitu Angga, Ahmad Zaenal, Ahmad Zaeni dan Eqi. Sisanya korban memperoleh tindakan medis di RSUD Dr Soekardjo dan Puskesmas Ciawi.

“Mereka dikasih pilnya, perlu ditelaah apa ini ada jaringannya atau tidak, mata rantai harus terputus,” ujarnya.

Bersama tim dokter, ia mendapat informasi bahwa para korban bisa saja menjadi korban pil PCC. Pasalnya gejala yang timbul mirip dengan efek penyalahgunaan PCC. 

“Masih menduga-duga, tim dokter yang paling tahu kalau dilihat gejalanya sejenis PCC karena investigasi pihak keluarga mabuknya ada yang seperti anjing, kejang-kejang,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid Pelayanan RSUD Dr Soekardjo Budi Tirmadi membenarkan terdapat tiga warga Pagerageung yang mendapat tindakan medis disana akibat konsumsi pil diduga PCC. Tetapi ketika korban hanya berstatus rawat jalan karena kondisi kesehatan tidak memburuk.

“Dokumen ada hari Minggu sekitar jam 9 masuk tiga orang dari Pagerageung yaitu Jajang (14), Rafli (12) dan Riki (14) karena konsumsi obat berwarna pink, tapi hanya rawat jalan,sekarang sudah pulang,” sebutnya. (Imam Mudofar)***

Komentari

IKLAN
IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab: AS Wibowo
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top