15.856 Siswa SD Ikuti Pelulusan

CIAMIS, (KAPOL).- Sebanyak 15.856 siswa SD se-Kabupaten Ciamis mengikuti kegiatan pelulusan yang dilaksanakan serentak Senin (4/6/2018).

Penyerahan surat tanda kelulusan digelar di masing-masing sekolah dan diterima langsung oleh para pelajar. Seperti nampak dilakukan di SDN 4 Maleber Ciamis.

Sebanyak 37 siswa kelas 6 dinyatakan lulus oleh pihak sekolah, berdasarkan hasil Ujian Akhir Berstandar Nasional (USBN) yang dilaksanakan 3, 4 dan 5 Mei, ujian sekolah (US) 7, 8, 9 dan 10 Mei dan berdasarkan penilaia perilaku sehari-hari siswa.

“Alhamdulillah semua siswa kami lulus dan akan meneruskan ke SLTP,” kata Kepala SDN 4 Maleber S Iim Ruhiyat.

Kegiatan pelulusan itu langsung dipantau oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, DR H Wawan AS Arifien MM.

Dia menegaskan semua lulusan SDN 4 Maleber meneruskan ke tingkat SLTP baik se SMP ataupun MTs.

“Tentu kita terus dukung agar para siswa bisa meneruskan ke tingkat selanjutnya, karena wajib belajar pendidikan dasar (dikdas) 9 tahun berarti masuk SMPN itu wajib,” tuturnya seraya berharap para alumni bisa menjaga nama baik civitas SDN 4 Malaber.

Sementara itu Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SD Dinas Pendidikan Ciamis H Mastur menyebut, proses pelulusan SD tingkat Kabupaten Ciamis berjalan lancar.

Sebelumnya 15.856 siswa SD mengikuti Ujian Akhir Berstandar Nasional (USBN) yang dilaksanakan 3, 4 dan 5 Mei 2018 dan semua siswa mengikuti USBN.

“Kita bersyukur baru tahun ini semua siswa ikut USBN, tidak ada yang sakit ataupun ijin, insya Allah semua siswa lulus dan melanjutkan ke SLTP,” ucapnya.

Terkait hasil Ujian Akhir Berstandar Nasional (USBN) tiga mata pelajaran yaitu Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA.

Pihaknya menyebutkan tiga besar siswa peraih nilai tertinggi tingkat Kabupaten Ciamis yaitu pertama Ade Galih Aziiz Rahmat dari SDN 1 Talagasari dnegan nilai 278,13, kedua Syifa Shifiyah SDN 1 Talagasari dengan nilai 277,48 dan ketiga Indri Rahmawat SDN 3 Karangpawitan dengan nilai 276,09.

Sementara berdasarkan sekolah, SDN 1 Talagasari menjadi peringkat pertama dengan nilai rata-rata siswa 265,23, kedua SDN 2 Tanjungjaya dengan rata-rata nilai siswa 260,37 dan ketiga SDN 1 Medanglayang dengan rata-rata nilai siswa 258,41.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis DR H Wawan Arifien mewajibkan semua lulusan SD tahun 2018 ini melanjutkan sekolah.

Pihaknya akan melakukan kroscek dan penyisiran ke setiap sekolah, kalaupun ada satu dua siswa yang tidak melanjutkan akan kita masukan ke sekolah kejar Paket B.

“Tahun kemarin hampir seratus persen, ya tahun ini optimis semuanya bisa melanjutkan,” ujarnya. (Jujang)***

Komentari