20 Calon Kades Siap Diseleksi

BAREGBEG, ( KAPOL).- 20 calon kepala desa (Kades) dari tiga Desa siap mengikuti seleksi Calon Kades.

Itu dilakukan sebelum mereka berkompetisi dalam pemilihan Kepala Desa yang dijadwalkan pada Tanggal 18 November 2018 mendatang.

Para Calon kepala desa yang ikut seleksi tersebut berasal dari Desa Saguling, Desa Sukamaju, Kecamatan Baregbeg dan Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican.

Seleksi calon Kades tersebut, rencananya akan dilakukan oleh pihak Akademisi dari LPM Universitas Galuh Ciamis bersama Dinas BPMPD Kabupaten Ciamis.

Seleksi sendiri akan dilaksanakan di Gedung Aula S 2, Unigal Ciamis pada Rabu 10 Oktober 2018.

Sesuia undang-undang, calon Kades perdesa dibatasi lima peserta, tahun ini ada tiga desa dari dua kecamatan yang calon Kadesnya lebih dari lima orang, yakni Desa Saguling, Desa Sukamaju Kecamatan Baregbeg dan Desa Kertahayu Kecamatan Pamarican.

“Jadi dalam tahapan ini, dari informasi yang kami terima dari pihak BPMPD Kabupaten Ciamis dari 40 lebih desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak pada ( 18/11/2018) mendatang ada tiga desa diantaranya akan dilakukan seleksi calon karena melebihi dari lima pendaftar,” jelas camat Baregbeg, Hj. Rusmiwati, pada “KP” saat ditemui diruang kerjanya, Selasa ( 9/10/2018).

Dijelaskan dia, 20 calon Kades itu tujuh diantaranya dari Desa Saguling dan 6 dari Desa Sukamaju Kecamatan Baregbeg dan tujuh dari Desa Kertahayu Kecamatan Pamarican.

“Awalnya dari Desa Saguling itu ada delapan pendaftar, namun satu pendaftar diantaranya tidak melengkapi persyaratan sebagi calon Kades jadi dianggap mengundurkan diri,” katanya.

Untuk menjaga netralitas serta indepenensi, panitia seleksi dilakukan oleh pihak akdemisi dari Unigal serta dari pihak BPMPD Kabupaten Ciamis.

“Kami sebagi camat setempat beserta panitia Pilkades setempat hanya menerima hasilnya yang nantinya akan dilakukan tahapan Pilkades selanjutnya. Kami berharap pelaksanaan Pikades nanti bisa berjalan lancar sukses tanpa ekses,” jelasnya.(Endang Setia Budi) ***

Komentari