IKLAN
INFRASTRUKTUR

2018, Pelabuhan Bojongsalawe Rampung

Agus Kusnadi/"kapol"*

PARIGI, (KAPOL).-Untuk mendukung program Pemerintah pusat melalui Kementerian Maritim dalam merintis jalur pelayaran di perairan laut bagian selatan, Pemerintah Kabupaten Pangandaran tengah mempersiapkan berbagai sarana dan fasilitas maupun potensi komoditi yang ada di Kabupaten Pangandaran sebagai daerah pariwisata.

Pemerintah daerah melalui Asisten II Sekretariat Daerah Kab Pangandaran, Apip Winayadi mengatakan, dengan adanya jalur perintis tol laut untuk jalur pelayaran niaga di laut bagian selatan, pemerintah daerah sedang mempersiapkan komoditi baik komoditi dari hasil bumi maupun pariwisata.

“Kementerian Maritim sedang membuat jalur perintis untuk pelayaran di laut bagian selatan pulau Jawa,  mulai dari Pelabuhan Ratu Sukabumi hingga Banyumas Jawa Timur, termasuk Pangandaran,” ujar Apip.

Jadi dengan adanya pembangunan pelabuhan laut di Bojongsalawe, kata Apip, bisa mendukung dengan adanya jalur perintis tol laut yang dicanangkan oleh Kementerian Maritim.

“Selain hasil bumi, Pangandaran kan punya pariwisata. Jadi bisa untuk pelayaran wisata dan niaga,” ujarnya.

Terkait untuk pengembangan pembangunan pelabuhan Bojongsalawe, lanjut Apip, pemerintah daerah juga akan menyiapkan lahan sekitar 12 hektar.

“Sekarang sedang dilakukan proses penyerahan lahan untuk pengembangan pelabuhan. Begitu juga dengan akses jalan menuju ke pelabuhan,  apakah akan menggunakan jalur yang ada atau jalur pariwisata, kita sedang proses pengkajian,” ujarnya.

Sementara di tempat terpisah Kepala Syahbandar Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Fachrudin,  menargetkan pembangunan pelabuhan laut di Bojongsalawe Parigi akan rampung di tahun 2018.

“Pekerjaannya untuk batas minimum sudah mencapai sekitar 91 persen. Tinggal menyelesaikan pekerjaan lantai dermaga atau jeti,” ungkapnya.

Sementara terkait lahan untuk pengembangan pelabuhan, kata Fachrudin, akan difasilitasi oleh pemerintah daerah Kab Pangandaran.

“Tujuan pembangunan pelabuhan laut di Bojongsalawe, Parigi kan bisa meningkatkan perekonomian di Kabupaten Pangandaran. Jadi kami minta dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat di Kab Pangandaran,” harapnya.(Agus Kusnadi)***

Komentari

IKLAN
IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab: AS Wibowo
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top