oleh

30 Anggota Baru Lembaga Pers Mahasiswa Unsil, Digodok Materi Jurnalistik

TASIKMALAYA, (KAPOL).- Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) ‘Gemercik’ Universitas Siliwangi menggelar kegiatan “Penatik” atau Pelatihan Jurnalistik” bagi anggota baru, Senin (9/9/2019) yang digelar di Gedung Trigatra Kampus Unsil.

Kegiatan yang diikuti lebih dari 30 anggota baru ini mendatangkan sejumlah narasumber yang ahli di bidang kepenulisan, baik itu kepenulisan sastra jurnalistik maupun jurnalistik murni.

Ketua Umum LPM Gemercik 2018 – 2019 Aris Muhammad Ramdani didampingi Ketua Panitia Pelaksana PEnatik Vanka Vidya Karmini dan Humas Gemercik Tresna Nurazizah menyebut, kegiatan pelaksanaan penatik ini untuk melatih dan mengenalkan jurnalistik kepada calon anggota periode 2019 agar terciptanya anggota yang siap melakukan kegiatan reportase atau peliputan.

“Kami ingin anggota baru ini bisa melakukan kegiatan reportase atau peliputan. Nah untuk mengarah ke sana, makanya kami gelar kegiatan pelatihan jurnalistik langsung dari ahlinya yakni jurnalis yakni Kang Teguh. Setidaknya kalau dikenalkan tentang jurnalistik dasar bagi anggota baru, mereka faham tugas dan fungsi jurnalistik termasuk teknik membuat beritanya,”ucap Vanka usai kegiatan.

Menurut mereka, setelah mendapatkan materi jurnalistik, anggota baru bakal mendapatkan kegiatan magang atau mengaplikasikan wawasan jurnalistiknya di sekitar kampus.

Setelah melakukan kegiatan reportase anggota baru pun bakal disuruh membuat naskah beritanya.

“Ini penting bagi anggota baru, selain mengaplikasikan wawasan jurnalistik, juga melatih mental liputan. Mudah-mudahan saja mereka anggota-anggota baru yang strugle dan cerdas sehingga LPM Gemercik betul-betul diisi oleh mahasiswa yang tak hanya handal dalam akademik tetapi juga handal dalam kegiatan kepenulisan, khususnya jurnalistik,”ucap Vanka. (Tresna Unsil/KAPOL)***

Komentar

News Feed