4 Komitmen Hasil Multaqo Ulama Kota Banjar

BANJAR, (KAPOL).- Multaqo Ulama dan Pimpinan Pondok Pesantren se-Kota Banjar menyerukan kesepakatan Indonesia damai, bertempat di Pusdai Kota Banjar, Minggu (19/5/2019) sore.

Bersamaan itu, Ketua Panitia, KH.Iskandar Effendi dan Ketua MUI Kota Banjar, KH. Muhtar Gozalir dan Perwakilan Pemkot Banjar, H.Kaswad, sepakat pada ramadan ini untuk meningkatkan keimaan serta ketakwaan kepada Allah SWT.

“Saat bermunajat, doa untuk keselamatan, ketentraman dan keamanan bangsa dan negara. Tingkatkan tali silaturahmi, perkuat ukhuwwah islamiyah, ukhuwwah wathoniyah serta ukhuwwah basyariyah,” katab KH.Muhtar Gozali.

Selain itu, dia berharap pasca Pemilu 2019 ini, mampu menghindari dari perpecahan, dengan bersatu kembali dari perbedaan pilihan, demi mempertahankan keutuhan NKRI.

Menurutnya, jangan ada lagi sikap saling fitnah satu sama yang lainnya.

“Saatnya kita bersyukur kepada Allah SWT, Pemilu 2019 berjalan lancar, aman, tertib dan bermartabat khususnya di Kota Banjar. Terkait hasil dan keputusan KPU itu sebaiknya diterima. Jika menolaknya lebih baik diproses melalui jalur konstitusional saja, jangan ramai-ramai melakukan pergerakan massa nantinya,” tutur KH. Muhtar.

Ada pun hasil Multaqo ulama Kota Banjar, disepakati 4 komitmen. Diantaranya, Pertama, berupaya untuk selalu meneguhkan komitmen terhadap Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Kedua, menjaga komitmen bersama untuk selalu menjaga stabilitas sosial, keamanan dan kedamaian dengan selalu mengedepankan persamaan dan tidak mempertajam perbedaan yang ada

Ketiga, menghindari segala bentuk provokasi, saling tuding dan saling fitnah serta tidak terjebak dalam berita yang kebenarannya tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Keempat, berusaha untuk selalu mentaati perundang-undangan yang berlaku di NKRI sebagai bentuk hubungan yang konstruktif serta dinamis dengan pemerintahan sesuai dengan tuntutan ajaran agama Islam.

Acara mulaqo ulama ini dihadiri perwakilan Pemkot Banjar, Drs. H. Kaswad, M.Pd.i, Perwakilan Kemenag Kota Banjar, DR. H. Supriana ( Kasi Pendis Kemenag Kota Banjar ), Ketua MUI Kota Banjar KH. Muhtar Gozali, S.HI, Pengurus MUI Kota Banjar, Ketua Baznas Kota Banjar Drs. H. Abdul Kohar, Ketua DMI Kota Banjar H. Jalaludin dan Pengurus MUI Kecamatan se Kota Banjar dan pimpinan Ormas Islam dan Ponpes se-Kota Banjar serta tamu undangan lainnya. (D.Iwan)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...