42 Orang Penyuluh Pertanian Diangkat jadi PNS

SINGAPARNA, (KAPOL).- Sebanyak 42 orang tenaga lepas harian, tenaga bantu penyuluh pertanian kementrian pertanian diangkat Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Tasikmalaya. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tasikmalaya, H. Iin mengatakan, ke-42 orang yang diangkat PNS tersebut adalah CPNS yang seluruhnya telah mengikuti satu tahun masa percobaan, diklat dan lulus tes kesehatan serta memenuhi sarat untuk diangkat PNS.

“Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS, bahwa setiap CPNS wajib mengucapkan sumpah janji mengawali pengangkatannya menjadi PNS,” kata Iin, Senin (5/6/2018).

Wakil Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto mengatakan, pelantikan menjadi PNS, merupakan awal sebagai pengabdi masyarakat dan negara secara total. Sumpah dan janji diucapkan bukan atas nama bupati atau wakil bupati, tetapi langsung atas nama Allah SWT tuhan semesta alam. Berat tanggung jawab yang harus diemban.

“Dengan segala fasilitas dan kesempatan yang diberikan negara, tidak sedikit banyak PNS yang telah disumpah dan dilantik atas nama tuhan, kemudian berakhir di jeruji besi, terhina di penjara dan nista di hadapan yang Maha Kuasa, Allah subhanah wa ta’ala,” papar Ade.

Ia mewanti-wanti, selain harus menjadi kebanggaan diri, peningkatan status menjadi PNS tidak menjadi lupa diri. Lupa jika dirinya sebagai aparatur negara dan pemerintah. “Maka bagi para PNS, agara senantiasa menjaga pemerintah dan negara serta tidak lupa tujuan dasar yakni pengabdian kepada masyarakat,” paprnya. Seraya menambahkan, tidak mungkin ada PNS jika tidak ada pemerintah, dan pemerintah ini tidak mungkin ada jika tidak ada negara, “Inilah Indonesia,” ucapnya.

Ade menambahkan sektor pertanian sebagai salah satu sasaran poko RPJMD, sehingga ke depan dan selanjutnya, pertanian ini akan tetap menjadi prioritas.

Dan ini menjadi tanggung jawab pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian untuk memajukan sektor pertanian di Kabupaten Tasikmalaya, yang notabene 70 persennya adalah lahan pertanian.

“PNS yang baru saja dilantik akan berhadapan dengan tugas mulia untuk memajukan masyarakat melalui pertanian,” katanya. (Imam Mudofar)***

Komentari