7 Fakta Menarik Dari Candi Prambanan yang Anda Harus Tahu

CANDI Prambanan adalah salah satu jenis Candi Hindu terbesar yang dapat anda temukan dengan mudah di kawasan Indonesia.

Berlokasi di kawasan Yogyakarta, candi bagi umat Hindu ini dibangun sekitar abad ke 9 Masehi dan dikenal sebagai bentuk persembahan bagi Trimurti, yaitu untuk tiga dewa utama dari agama Hindu, seperti halnya Brahma yang dikenal sebagai dewa pencipta, kemudian Wisnu adalah dewa pemelihara serta Siwa yang dikenal sebagai dewa pemusnah.

Selain fakta menarik tersebut, Candi Prambanan juga dikenal dengan beberapa hal unik dan menarik lainnya. Ingin tau apa saja? Berikut penjelasannya :

1.  Candi Siwa Dengan Ukuran Terbesar

Candi siwa merupakan salah satu candi tertinggi yang berada di kawasan kompleks dari Candi Prambanan, karena itulah candi tersebut pun dikenal sebagai tempat pemujaan kepada Siwa terbesar yang ada di Indonesia.

Hal ini juga terlihat melalui bangunan tersebut puncaknya menjulang tinggi hingga mencapai angka 47 meter. Menurut para sejarawan, saat Candi Prambanan dibangun di abad ke 9 tersebut, bentuk agama yang dianut oleh pihak kerajaan Medang Mataram mengalami peralihan, dalam hal ini beralih dari yang semula menganut paham Budha Mahayana, menuju bentuk pemujaan pada dewa siwa.

2.   Memiliki 3 Bagian Zona Berbeda

Kompleks dari Candi Prambanan dikenal dengan 3 bagian zona berbeda, yaitu zona pertama yang dikenal dengan sebutan zona luar.

Kemudian ada zona kedua dan dikenal sebagai zona tengah. Di zona tengah tersebut terdapat ratusan dari candi berukuran kecil. Sedangkan untuk zona ketiga disebut sebagai zona batin suci, yang mana di dalamnya terdapat delapan bagian dari candi utama serta delapan bagian dari jenis candi kecil lainnya.

3.   Bentuk Replika Dari Gunung Mahameru

Dikenal dengan nama asli Siwagrha, Candi Prambanan tentunya dirancang dengan bentuk menyerupai bagian dari rumah Siwa.

Dengan kata lain, bentuk dari Candi Prambanan itu sendiri merupakan replika dari gunung suci mahameru yang dikenal sebagai tempat dewa bersemayam. Tidak hanya itu saja, setiap bagian dari kompleks candi tersebut juga memiliki pola yang meniru tampilan alam semesta dan dianut oleh bentuk kosmologi Hindu.

Seperti halnya pembagian beberapa lapis loka, dimulai dari bagian yang kurang suci hingga bagian yang paling suci.

4.  Candi Menara Sudut

Candi Menara Sudut bukanlah bagian dari candi utama yang dikenal menyimpan patung dari Mahadewa siwa, namun menurut para pengelola Candi Prambanan sendiri, candi yang dikenal dengan nama Menara Sudut tersebut, merupakan bagian dari wilayah yang paling suci yang terdapat di kompleks dari Candi Prambanan.

5.  Searah Dengan Jarum Jam

Bagi anda yang mengikuti kisah Ramayana yang tentunya terdapat di lorong-lorong dari Candi Siwa, tentunya anda harus masuk dari arah yang tepat, yaitu masuk dari bagian sisi timur kemudian melalui bagian Pradaksina.

Pradaksina dikenal sebagai jalan memutar dilakukan searah dengan jarum jam . Sedangkan untuk lanjutan dari kisah Ramayana dapat anda temukan di Candi Brahma, yang berada di bagian sisi selatan.

6.   Halilintar

Keunikan lain yang ditunjukkan oleh Candi Prambanan dapat anda lihat melalui bagian puncak yang dimilikinya. Dalam bagian tersebut terdapat tampilan mahkota yang juga dikenal dengan sebutan puncak mastaka.

Bagian tersebut dikenal sebagai lambang dari intan atau bahkan simbol halilintar.

7.   Sosok Yang Membangun Candi Prambanan

Banyak orang yang bertanya siapa sosok yang membangun Candi Prambanan? Dalam hal ini terdapat beberapa cerita yang menyatakan bahwa Candi Prambanan dibangun oleh sosok Bandung Bondowoso selama satu malam yang dibantu oleh makhluk gaib.

Namun hal tersebut ternyata tidak benar. Karena Candi Prambanan merupakan bangunan yang dibuat oleh Rakai Pikatan, yang dapat anda pastikan melalui cerita dalam prasasti wantil serta prasasti Siwagrha atau Candi Siwa.

Itulah 7 hal yang unik dan menarik dari Candi Prambanan. Apabila anda mengunjungi kota Yogyakarta, diharapkan anda mengunjungi Candi Prambanan juga ya. Untuk informasi lebih lanjut seperti pembelian tiket, anda dapat melihatnya di Traveloka Xperience.(Kapol)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...