oleh

700 Ribu Benur Udang Vaname Ditebar di Cikalong

CIKALONG, (KAPOL).- Warga pesisir Tasikmalaya selatan (Tasela), dari mulai perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Garut ( Desa Ciheras, Kecamatan Cipatujah), hingga perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Pangandaran (Desa Cimanuk, Kecamatan Cikalong) kini sedang gandrung budidaya tambak udang Vaname.

Tak heran jika sekakarang di sepanjang pesisir Pantai Tasela banyak dijumpai tambak udang, terutama di wilayah Kecamatan Cikalong.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Drs. H. Heri Sogiri MM menjelaskan potensi budidaya tambak udang Vaname di sepanjang pesisir pantai Tasela sangat menjanjikan dan punya nilai ekonomi tinggi.

Melihat tingginya minat warga pesisir Tasela, pihak dinas, terus mendorong warga setempat untuk berperan aktif dalam wadah kelompok budidaya tambak udang untuk mengembangkan budidaya udang Vaname.

“700 ribu benur udang Vaname telah ditebar di tambak udang yang dikelola oleh kelompok tambak udang Mandala Berkah Bahari,” jelas Heri usai menebar benur udang Vaname di Kampung Cijulangadeg, Desa Mandalajaya, Kecamatan Cikalong, Senin (30/10/2019)

Perhatian Pemkab Tasikmalaya terhadap Kelompok Budidaya Tambak Udang Vaname kata Heri, sebagai wujud keseriusan pemerintah mendorong warga bisa berperan aktif mengembangkan potensi yang ada di daerahnya.

Ditandaskannya, Kelompok Budidaya Tambak Udang Vaname Mandala Berkah Bahari, kendati diberi bantuan oleh Pemkab Tasikmalaya cukup besar, para petambak harus macakal, jangan ketergantungan kepada pemerintah. “Hasilnya bisa dinikmati oleh kelompok dan bisa meningkatkan ekonomi warga disekitarnya,” harapnya.

Kabid Perikanan Kabupaten Tasikmalaya Ir. Rita Setiawati MP menambahkan bantuan dari APBD Kabupaten Tasikmalaya tahun anggaran 2019 disalurkan untuk Kelompok Budidaya Udang Vaname Mandala Berkah Bahari senilai 1 Miliar, bisa memotivasi warga mengembangkan budidaya udang Vaname ke depan lebih baik dan berhasil guna.

“Bantuan digunakan untuk pembuatan infrastruktur tambak udang, sekitar 0,5 Ha, dan pendukung lainnya seperti pembelian 700 ribu benur Vaname didatangkan dari Lampung, pakan, obat- obatan dan banyak lagi yang lainnya,” jelas Rita

Ketua Kelompok Budidya Tambak Udang Vaname Martian Efendi mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan dari Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Tasikmalaya telah menyalurkan bantuan terhadap kelompoknya.

“Kami dengan seluruh anggota yang berjumlah 12 prang, tidak hanya menggantungkan kepada bantuan pemerintah. Tapi ada juga bentuk swadaya rereongan dari anggota sekitar 150 juta, untuk melengkapi alat- alat lainnaya yang diperlukan. Bersama anggota siap mengelola tambak udang Vaname, mudahan bisa panen dengan baik menghasilkan udang Vaname yang punya nilai kualitas dan pasar yang baik,” harapnya. (Agung Ilham Setiadi)***

Foto |  Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Heri Sogiri MM, sedang memberikan benur udang Vaname untuk ditebar di tambak udang yang dikelola oleh Kelompok Budidaya Tambak Udang Vaname Mandala Berkah Bahari

Komentar

News Feed