IKLAN
KANAL

Antisipasi Kemacetan di Pusat Kota

Jalur-Alternatif-Lingkar-SelatanCIAMIS, (KP).- Sejumlah jalan di Kabupaten Ciamis akan dijadikan jalur alternatif jika jalur utama pada mudik lebaran nanti mengalami kemacetan.
Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Ciamis Aef Saefulloh mengatakan, memasuki arus mudik lebaran, jalur utama Kabupaten Ciamis sering mengalami kepadatan kendaraan baik kendaraan roda empat maupun roda dua yang melintas di jalur utama Kabupaten Ciamis.

“Kabupaten Ciamis merupakan jalan yang dilintasi oleh jalur lintas provinsi dan kabupaten. Jadi, kepadatan kenda­raan tidak bisa terhindar pada saat arus mudik-balik nanti,” ujarnya akhir pekan lalu.

Untuk mengantisipasi ke­ma­cetan karena kepadatan ken­daraan ada tiga jalur alternatif untuk mengurai kemacetan. Ketiga jalur alternatif tersebut kata Aef yaitu jalur Lingkar Selatan. “Jalur ini untuk mengantisipasi kemacetan di pusat kota, kita alihkan ke jalan lingkar selatan, dari arah Imbanagara-Bojongmengger ataupun sebaliknya,” jelasnya.

Selain jalur lingkar selatan, jalur kedua yaitu jalur Cima­ragas merupakan jalur untuk mengantisipasi kemacetan menuju arah Banjar. “Jalur erakhir yaitu jalur Sukamantri-Panjalu untuk mengurai ken­daraan apabila nanti terjadi kemacetan dari Tasik­malaya,” ucap Aef.
Selain menggunakan jalur alternatif, pihak Dishubkom­info juga rencananya akan me­nerapkan sistem buka tutup jalur di sejumlah titik pertemuan antara Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, serta Kabupaten Ciamis.

“Kita juga melarang angkutan barang non sembako beroperasi di jalan hingga H+2 Idul Fitri karena dikhawatirkan akan menimbulkan kemacetan,” katanya menandaskan. (Jujang)**

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top