Arus Mudik Lancar, Pedagang Turun Omset

TASIKMALAYA, (KPcoid).-

Sejumlah pedagang mengalami penurunan omset. Musim mudik kali ini di jalur selatan Jawa Barat (Jabar) lebih sepi dibanding musim mudik tahun lalu.

Maman (46), penjual makanan dan minuman di rest area Kadipaten dekat jembatan penimbangan Dinas Perhubungan menuturkan, pemudik yang buka puasa dan batal puasa karena perjalanan jauh banyak yang belanja di warungnya. “Hanya saja tidak seramai musim mudik tahun lalu,” kata Maman.

Pada musim mudik kali ini para pemudik lebih memilih jalur utara karena telah dibukanya tol baru. Sehingga pemudik yang menggunakan jalur selatan menjadi berkurang. Maman mengungkapkan, pada mudik musim lalu jalan di depan warungnya macet parah sehingga lebih banyak orang yang beristirahat di warungnya,ujar Maman, Kamis (16/7/2015).

Hal serupa juga dialami Yati (48) pedagang di rest area Jamanis Kabupaten Tasikmalaya mengatakan, pada musim mudik kali ini penghasilannya benar-benar menurun jika dibandingkan tahun lalu. “Pada musim mudik tahun lalu, tujuh hari sebelum Lebaran di jalur selatan sudah macet. Sehingga, banyak pemudik yang beristirahat dan berbelanja di warung, ujar Yati

Dikatakan Yati, minimnya pendapatan pada musim mudik kali ini kemungkinan jalanan lancar, pemudik lebih memilih terus melaju dibandingkan harus berbelok ke warung. Kendaraan terlihat ramai pada sejak empat hari sebelum Lebaran. (Erwin R Widiagiri)

Komentari