oleh

Asyiknya Belajar di Kereta Api

TASIKMALAYA, (KAPOL).-  Sebanyak 83 siswa SD Al Jamal Pamijahan Indihiang Kota Tasikmalaya belajar di luar kelas tepatnya di kereta api, Minggu (10/11/2019).

Mereka berangkat dari Stasiun Tasikmalaya menuju Stasiun Cibatu Garut dengan bertajuk Ulin Loko Edutrip bersama Saung Ulin Mang Ezen Foundation.

“Ini perdana, kita mencoba mengenalkan moda transportasi kereta api kepada anak-anak. Mereka belajar tidak hanya sekadar pengetahuan dalam bentuk gambar atau video, juga menjalani bagaimana naik kereta api,” kata Mang Ezen, penggagas Ulin Loko Edutrip.

Di stasiun, kata dia, anak-anak belajar mencetak boarding pass, mencetak tiket hingga pengetahuan tentang kereta api. Termasuk diantaranya mengajarkan salat dalam perjalanan.

“Ada nilai filosofis antri, disiplin terhadap peraturan. Karena zaman berubah, metode pembelajaran juga harus menyesuaikan,” ujar Ezen menjelaskan.

Salah seorang peserta, Aljam Ahfa Insan mengatakan belajar di luar kelas mengasyikan.

Apalagi di kereta api melihat pemandangan sepanjang perjalanan.

“Asyik lihat pemandangan, sudah dua kali naik kereta, enak nyaman,” ujar siswa kelas IIIB ini.

Guru kelas VI SD Al Jamal, Desi Ismayanto mwngatakan pembelajaran seperti ini tak jauh berbeda dengan pembelajaran di luar kelas saat memperingati hari anak internasional beberapa waktu lalu. Perjalanan edukatif seperti ini cukup diminati siswa untuk belajar berdisiplin dan mandiri. (KP-11)***

Komentar

News Feed