Bang Ara, Cinta Kesenian Bukan karena Sumedang Puseur Budaya Sunda

SUMEDANG, (KAPOL).- Sejumlah warga di Desa Tolengas, kecamatan Tomo, tampak antusias menghadiri kunjungan kerja perseorangan anggota DPR RI daerah pemilihan Sumedang, Majalengka dan Subang (SMS) Maruarar Sirait, yang juga diisi pentas seni dan budaya, Sabtu (10/3/2018) malam.

Hujan deras, tampaknya tak menyurutkan para peserta dan warga dalam menggelorakan pentas seni tersebut.

Sejumlah grup kesenian lokal yang ada di Sumedang pun, ikut ditampilkan seperti marawis, pencak silat, kuda renggong, reak, kolaborasi seni etnic dan modern serta hadir pelantun pop sunda, Rita Tila.

Bang Ara mengaku memiliki perhatian khusus pada kesenian, yang menurutnya bukan karena Sumedang sebagai Puseur Budaya Sunda.

“Seni tradisi bagian dari budaya bangsa Indonesia yang patut dilestarikan dan dikembangkan dengan memperkenalkan pada generasi muda,” ucapnya.

Ia terlihat kagum menyaksikan penampilan kolaborasi seni tradisional dan modern.

Bukan hanya itu, penampikan Rita Tila pun semakin membuat suasana semakin meriah.

“Tak hanya ingin memberikan ruang pentas pada para seniman, tapi juga kesejahteraan para pelaku seninya harus diperhatikan,” kata Maruarar.

Kegiatan itu, kata dia,  sebagai bagian dari bentuk terima kasih dirinya pada masyarakat Sumedang, khususnya Tomo karena pada saat pemilu lalu dirinya meraih suara paling banyak di dapil SMS.

“Terimakasih, antusias warga yang hadir begitu tinggi meskipun diguyur hujan  juga para pelaku seni yang ikut berpartisipasi pada malam ini,” tuturnya.

Dikatakan, di Sumedang terdapat ratusan pedepokan dan komunitas seni budaya, dan itu disebut Ara perlu dukungan dari semua pihak terutama pemerintah.

Ketua panitia kegiatan pentas Seni Budaya Sunda, Joko Loyor mengatakan, kegiatan tersebut mengusung tema, Sajiwa Sarasa Saraga Sunda Sing nyunda.

Dia kagum dengan kiprah Bang Ara yang dianggapnya memiliki perhatian terhadap seni sunda.

Sehingga, setiap resesnya acap kali menampilkan aksi para pegiat seni.

“Langkah tersebut akan melestarikan seni, juga mendongkrak kesejahteraan para senimannya,” kata Joko.

Anggota DPRD Sumedang, Dede Suwarman yang juga hadir pada acara tersebut ikut memberikan apresiasi.

“Banyak aspirasi yang telah diperjuangkan Bang Ara untuk kepentingan masyarakat Desa Tolengas,” ujarnya.

Hujan deras sejak dimulainya kegiatan hingga usai, terpantau tak menyurutkan semangat para peserta dan penonton pentas seni itu. (Devi Supriyadi) ***