Banjir di Pangandaran Bersamaan dengan Pasang Air Laut

PARIGI, (KAPOL).- Banjir yang terjadi di beberapa lolasi di wilayah Kabupaten Pangandaran kini mulai surut. Beberapa warga yang rumahnya terdampak bencana banjir mulai membersihkan rumahnya masing-masing.

Bupati Pangandaran, H Jeje Wiradinata mengatakan, perkembangan kondisi banjir di beberapa lokasi di Kab Pangandaran sudah mulai surut.

Jeje menjelaskan, banjir sering terjadi di setiap musim penghujan karena selain curah hujan yang tinggi juga bersamaan dengan pasang air laut.

Kata Jeje, Pangandaran merupakan daerah pesisir pantai, sehingga apabila di saat musim penghujan air yang mengalir di sungai pembuangan ke laut tertahan dengan pasang air laut sehingga air meluap dan menggenangi pemukiman warga.

“Tapi kalau air laut kembali surut dalam beberapa jam banjir kembali surut. Dan itu sudah biasa terjadi di daerah yang memiliki pantai. Bukan hanya di Pangandaran,” ucapnya.

Jeje juga memastikan, bahwa jalur wisata ke Pangandaran tidak terdampak dari bencana banjir dan aman untuk dilalui. Pasalnya kata Jeje, banjir dan longsor itu terjadi daerah pedalaman.

“Bukan di jalan utama atau jalur wisata,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Kab Pangandaran, Iwan M Ridwan menyampaikan kepada pengguna media sosial harus bijak dan menyampaikan informasi yang realistis dan akurat.

“Kalau ingin memberikan informasi terutama tentang bencana alam, harus dipastikan dulu dan memberikan informasi yang lengkap dan benar sehingga tidak merugikan orang lain. Lihat aja obyek wisata di Pangandaran aman-aman aja kok,” tegasnya. (Agus Kusnadi)***

Komentari