Bawaslu Gelar Seleksi Pegawai Pemerintahan Non PNS, Gunakan Sistem CAT

BANJAR, (KAPOL).- Sebanyak 31 peserta, mengikuti tes penerimaan Pegawai Pemerintahan Non PNS Bawaslu Kota Banjar, Senin (11/02/2019).

Peserta tes yang menggunakan alat bantu komputer atau computer assisted test (CAT) itu, sebelumnya melakukan pendaftaran yang dibuka sejak tanggal 8 Februari 2019.

Sebanyak 31 orang itu, seluruhnya pendaftar yang telah lulus administrasi berkas.

Rencananya, pengumuman hasil seleksi Pegawai Pemerintahan Non PNS tersebut, akan dilaksanakan 13 Februari 2019.

Rudi Ilham G, selaku Kordiv SDM Bawaslu Kota Banjar mengatakan, ini merupakan rangkaian seleksi Pegawai Pemerintahan Non PNS Bawaslu Kota Banjar.

“Sebelumnya kita melakukan pengumunan WEB Bawaslu dan tempat tempat umun untuk perekrutan untuk calon PPNPNS dan sekarang sudah memasuki tahap test tertulis,” ungkapnya.

Rudi menambahkan, staf yang dibutuhkan hanya 5 Orang, hal itu dilihat dari kondisi kota Banjar hanya 4 kecamatan.

“Dengan klasifikasi 2 orang sarjana hukum, 2 orang staf umum dan 1 orang IT,” imbuhnya.

Menurut Ilham, stelah para peserta melakaanakan CAT nanti akan ada rangking yang menentukan seleksi berikutnya.

“Karena hasil CATnya masuk ke Bawaslu RI nanti akan dirangking dan di ambil 2 x lilpat dari jumlah kebutuhan untuk test wawancara”, jelasnya.

Lebih lanjut Rudi menambahkan, test wawacara harusnya besok, namun melihat pedoman yang berubah, proses wawancara rencananya antara tgl 12 sampai dengan 14 Februari.

“Sekarang, kita menunggu hasil CAT. Kalau sekarang hasilnya turun dari Bawaslu RI, besok bisa dilaksanakan tes wawancara”, tuturnya.

Rudi berharap, para peserta seleksi memahami tentang kepemiluan dan bisa memahami tupoksi.

“Harapan saya,semoga staf baru bisa menambah spirit Bawaslu dan menambah tenaga Bawaslu dalam pengawasan kepemiluan,” pungkasnya.

Para peserta telah menyelesaikan jawaban 100 soal selama 1,5 jam. Tes, mencakup soal tentang kepemiluan dan juga soal umum. (Agus Berrie)***