Bawaslu Waspadai Munculnya Sengketa Pemilu

SINGAPARNA, (KAPOL).-Makin dekatnya pelaksanaan pemilu presiden dan pemilu legislatif yang jatuh pada 17 April depan, semakin meningkatkan kewaspadaan Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya. Termasuk kemungkinan munculnya sengketa pemilu yang bakal terjadi akibat ketidak percayaan atau tidak menerima kekalahan.

Oleh karenanya Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya merapatkan seluruh barisan Panwaslu kecamatan yang ada di 39 kecamatan guna melaksanakan Rapat Kerja Teknis penyelesaian sengketa antar peserta pemilihan umum tahun 2019 di Hotel Grand Metro Kota Tasikmalaya, Jumat (12/4/2019).

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Juanda mengatakan, pihaknya menangani proses sengketa dan proses pemilihan akibat dari dikeluarkannya berita acara yang dikeluarkan KPU. Bawaslu pun bisa menyelesaikan sengketa antar peserta pemilu, seperti halnya dalam hal pemasangan alat peraga kampanye. Sementara terkait dengan hasil pemilu sendiri, Bawaslu tidak ada kepentingan dan bukan ranah Bawaslu.

“Terkait dengan sengketa ini kami menekankan kepada rekan-rekan Panwascam untuk sigap dalam melihat situasi dan kondisi yang ada. Juga cepat dalam mengambil suatu tindakan,” jelas Dodi.(Aris Mohamad F)***