Bayu Jadi Anggota BPD Termuda di Pangandaran

PANGANDARAN, (KAPOL), –Usianya baru menginjak angka 20 saat terpilih menjadi anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Pangandaraan. Dia merupakan Anggota BPD paling muda di wilayah paling buncit di Jabar itu.

Dia adalah Bayu anggota BPD di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pangandaran. Dia terpilih melalui pemilihan BPD yang dilaksanakan di aula Kantor Desa Sidmomulyo berjalan tertib, Ahad (3/2/2019). Ada 7.865 orang yang menjadi  Pemilih Tetap.

Ketua Panitia Pemilihan Calon BPD Desa Sidomulyo, Maman Hermana mengatakan perekrutan untuk calon BPD masing-masing dari Dusun Sidomulyo 11 calon, Dusun Pondok Lombok 5 calon, Dusun Pasir Kored 2 Calon, Dusun Bantarkalong 8 calon dan Keterwakilan Perempuan ada 4 calon.

“Untuk calon yang terpilih perwakilan dari Dusun Sidmolulyo 2 orang, Pondok Lombok 1 orang,Pasir Kored 1 orang, Bantarkalong 2 orang dan keterwakilan perempuan 1 orang,”ungkapnya.

Menurutnya untuk pemilihan disentralkan di aula Kantor Desa Sudomulyo dan untuk DPT sejumlah 7.865 hak pilih,masing-masing jumlah pemilih dari Dusun Pondok Lombok 1.343,Sidomulyo 1.482.

Dusun Bantarkalong 1.965, Pasirkored 461 jadi totalnya 5.251 dan ditambah keterwakilan perempuan 2.614 jadi total keseluruhan 7.865.

“Alhamdulilah, seluruh warga masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih antusias berbondong-bondong menyalurkan hak pilihnya,”tuturnya.

Selanjutnya hasil penghitungan suara yang berhak menjadi calon terpilih berdasarkan kebutuhan perwakilan dari setiap Dusun yaitu Dusun Pasirkored Muhamad Efendi 185 suara dan Yayah Rodiah 143.

Dusun Pondok Lombok Gunarto Ali 405 suara, Dusun Sidomulyo Imam Ibnu Hajar 287 suara dan Bayu Hendrik 158 suara,Dusun Bantarkalong Slamet Santoso 323 dan Mahmuludin 298 sedangkan untuk keterwakilan perempuan suara terbanyak Ika Mugiwati memperoleh 697 suara.

“Calon BPD yang terpilih dan paling muda dari Dusun Sidomulyo Bayu Hendrik berusia 20 tahun,” lanjutnya.

Komisioner dari KPUD Pangandaaran Maskuri Sudrajat yang saat itu hadir mengatakan untuk tingkat partisifasi pemilih calon BPD Desa Sidomulyo sebesar 84% dan ini sebagai barometer yang bisa dipertahankan sampai Pemilu 2019 mendatang.

“Antusias warga masyarakat sangat luar biasa,” katanya

Sementara itu Kepala Desa Sidomulyo, Sugiyono dirinya berharap kepada calon BPD yang terpilih bisa bekerja sesuai atauran yang ada dan dirinyaengajak untuk bekerjasama menuju Sidomulyo sejahtera sesuai visi misi para calon.

“Bagi yang tidak terpilih juga dapat bekerjasama dan semoga pada Pemilu mendatang aspiratif masyarakat lebih dari sekarang,”tambahnya. (M. Jerry)***