Belum Ada Ketetapan KPU, Bawaslu Tertibkan APK

SINGAPARNA, (KAPOL).- Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Tasikmalaya bekerjasama dengan Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya menertibkan alat peraga kampanye (APK) di sejumlah titik di pusat kota Kabupaten Tasikmalaya. Mulai dari area alun-alun Singaparna sampai Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya.

Sasarannya kali ini seluruh APK yang tertempel baik di pinggiran jalan, bilboard maupun one way yang terpasang di angkutan umum. Semuanya tak luput dari penertiban.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Juanda menuturkan penertiban kali ini serentak di 39 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya. Sebelum penertiban berlangsung, kata Dodi, Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya sudah melayangkan surat kepada peserta pemilu untuk menertibkan sendiri APK yang mereka pasang.

“Namun sampai batas waktu yang ditentukan imbauan tidak dilakukan. Maka terpaksa hari ini kita tertibkan,” kata Dodi, Kamis (6/12/2018).

Penertiban ini, kata Dodi, dilakukan karena sampai hari ini belum ada ketetapan dari KPU terkait APK. Pasalnya menurrut PKPU, lanjut Dodi, segala bentuk APK ada yang difasilitasi oleh KPU. Sedangkan APK tambahan yang tidak difasilitasi oleh KPU harus dilaporkan ke KPU.

“Silahkan teman-teman komunikasi dengan KPU apakah sudah ada penetapan atau belum. Yang kita tertibkan ini APK tambahan yang belum ditetapkan oleh KPU,” kata Dodi.

Disinggung soal sanksi, Dodi menuturkan penertiban kali ini belum mengarah pada sanksi. Namun jika kemudian masih ditemukan peserta pemilu yang melanggar, maka sanksi terberat yang diterima oleh peserta pemilu berupa pelanggaran administrarif dengan sanksi terberatnya diskualifikasi. (Imam Mudofar)***

Komentari