Berziarah Bisa Jadi Terapi Sosial

TANJUNGSARI, (KP).-
Situasi dan kondisi arus lalulintas di Sepanjang Jala Raya Jatinangor – Tanjungsari Kab. Sumedang, terpantau ramai aktivitas pemudik lokal.

Menurut pantauan “KPcoid” di lapangan, aktivitas pemudik lokal didominasi pengendara yang berencana ke tempat pemakaman umum (TPU) dan objek wisata. 

Salah seorang pemudik warga Desa/Kecamatan Tanjungsari, Ismail Edwin (35) mengatakan bahwa ziarah ke TPU menjadi agenda rutin warga setiap sebelum dan sesudah Idulfitri.

“Ziarah, menjadi tradisi warga khususnya umat muslim ketika lebaran,” ujar Ismail di Tanjungsari, Jumat (17/7/2015).

Bukan hanya ke TPU atau objek wisata, kata dia, pengendara yang sebagian banyak pemudik lokal pun memanfaatkan momen lebaran untuk silaturahmi ke sanak saudara.

“Jika arus lalulintas macet, nampaknya tak berdampak terjadinya antrian kendaraan yang signifikan. Terpantau macet masih teratasi karena disepanjang jalan banyak anggota Polisi melakukan pengamanan,” tuturnya.

Dibenarkan Camat Jatinangor, Ida F Sobandi, pada hari raya lebaran ini ruas jalan Jatinangor – Tanjungsari dipadati pemudik lokal.

“Biasa, warga sibuk aktivitas perayaan Idulfitri. Hal biasa pula mereka pulang dan pergi untuk silaturahmi,” tuturnya seusai melaksanakan solat Idulfitri di Halaman Kantor Kec. Jatinangor. (Azis Abdullah)***‎

Komentari