BPJS Ketenagakerjaan Siapkan Santunan Bagi Keluarga Korban Lion Air JT 610

TASIKMALAYA, (KAPOL).- BPJS Ketenagakerjaan sudah menyiapkan santunan bagi keluarga korban Lion Air JT 610. Pihak BPJS Ketenagakerjaan masih melakukan pendataan terhadap penumpang lainnya yang ikut dalam keanggotaannya untuk segera mencairkan dana santunan tersebut.

“Hak yang kita berikan kepada pekerja terkait program BPJS Ketenagakerjaan ada 4 program yakni jaminan kecelakaan kerja, kematian, hari tua dan pensiun,” kata Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto saat menggelar konferensi pers di RS Polri, Jakarta Timur, Rabu (31/10/2018).

Persyaratan yang diwajibkan keluarga korban untuk mengajukan claim kata dia yakni membawa KTP, KK dan surat kematian korban pesawat yang terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan. Surat kematian jelas dia wajib dibawa oleh keluarga korban.

Kemudian, lanjut dia BPJS Ketenagakerjaan akan mengeluarkan dana santunan sebesar upah korban dikali 48. Untuk korban yang memiliki anak, maka 1 anak korban akan diberikan beasiswa sebesar 12 juta.

“Terkait kecelakaan kerja hak yang diberikan 48 kali upah yang dilaporkan. Kalau meninggal karena kecelakaan kerja malah kita berikan santunan 48 kali dari upah. Kalau di luar kecelakaan kerja diberikan santunan 24 juta rupiah dan beasiswa satu anak,” ujarnya.

Selain itu, Ia menyebut korban kecelakaan pesawat yang terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan semuanya mendapat santunan jika berpergian dalam rangka berkerja.

Untuk claim, pihak BPJS sudah berkoordinasi dengan RS Polri dan instansi terkait agar keluarga korban dapat dengan mudah mencairkan dana santunan tersebut.

Pendataan sementara kata dia, ada 31 orang yang merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan. BPJS juga menyiapkan posko untuk pengaduan dari para keluarga korban.

“Sejauh ini kami hanya mendapatkan data berdasarkan manifes penumpang pesawat naas tersebut serta dari laporan perusahaan dan keluarga. Dari data manifes dan laporan ke kami ada 31 penumpang yang merupakan peserta BPJS,” katanya.(Kapol/Rilis)***

Komentari