Budiyou Sosialisasikan Empat Pilar

CIAMIS, (KAPOL).- Anggota MPR RI Komisi 1 Fraksi PAN Dapil Jawa Barat X Budi Youyastri melaksanakan sosialisasi empat pilar yakni Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika di Pesantren Al Fatah, Desa Gegempalan, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis Kamis (17/1/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh ratusan masyarakat.

Dalam penjelasannya Budi menyampaikan, sosialisasi empat pilar merupakan progam MPR RI.

Ke empat pilar yakni, Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

“Empat pilar ini nilai-nilai dasar yang harus dipahami oleh seluruh bangsa Indonesia. Dulu pada zaman orde baru ada P4, tapi setelah reformasi P4 tidak dapat dilaksanakan bahkan dicabut,” ungkapnya.

Dijelaskan Budi, ada kerinduan masyarakat untuk menyelenggarakan dan melaksanakan kembali nilai-nilai Pancasila. “Target grup sosialisasi ini untuk seluruh masyarakat dari berbagai segmen dan profesi,” tambahnya.

Budi sendiri sudah beberapa kali menyelenggarakan sosialisasi yang diikuti dosen dan guru. Keduanya merupakan kelompok strategis untuk meneruskan kepada masyarakat yang lebih luas.

Dijelaskan Budi, saat ini ada paham keagamaan yang mengarah pada radikalisme dan terorisme. “Tantangan Pancasila ada dua kelompok yakni radikalisme agama dan radikalisme sekuler,” jelasnya.

Radikalisme agama jelas Budi dari kelompok yang ingin mengganti Pancasila dengan nilai dan paham yang lain. Sedangkan radikalisme sekuler dilakukan kelompok yang ingin memisahkan nilai Pancasila dari nilai agama.

“Ada sekulerisasi terhadap Pancasila. Padahal Pancasila syarat dengan nilai agama,” ungkapnya.

Sehingga perlu ada upaya untuk mendorong dan gerakan bersama semua elemen masyarakat yang lain untuk mengenalkan nilai-nilai Pancasila. (Yogi T Nugraha)***