Bupati Lantik 93 Kades Hasil Pilkades Serentak 2018

SUMEDANG, (KAPOL).- Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir melantik 93 kepala desa (Kades) terpilih hasil pilkades serentak 2018, di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, Rabu (5/12/2018).

Ia mengajak semua kades untuk bersinergi dengan pemerintahan kecamatan dan kabupaten.

Hal itu, sebagai upaya menyukseskan program Sumedang Simpati (Sejahtera, Agamis, Maju, Profesional dan Kreatif).

“Agar program tersebut dapat terealisasi dengan baik, maka para Kades dituntut untuk  memadukan visi-misi desa masing- masing,  dengan visi misi Sumedang Simpati,” kata Dony.

Setelah pelantikan,  kata dia, para kades harus segera  merancang,  merumuskan dan membahas APBDes yang akan diwujudkan sesuai dengan harapan masyarakat.

Kepala desa terpilih, kata Dony,  merupakan manusia pilihan Allah Swt yang ditakdirkan menjadi pemimpin desa, sekaligus mengemban amanah dari masyarakat.

“Amanah ini tentunya akan dipertanggung jawabkan di hadapan sang pencipta,” katanya.

Dalam mengemban amanah itu,  kepala desa dituntut untuk dapat menjalankan tugas serta visi misi dengan baik, sesuai dengan apa yang dijanjikan kepada masyarakat.

“Kami berharap, semuanya bisa berjalan lurus, sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan,” tutur Dony.

Karena jika sudah melanggar aturan, maka akan ada beban yang berdampak kepada tidak leluasanya dalam menjalankan tugas-tugas sebagai kepala desa.

“Mumpung masih bersih, saya mengajak para kepala desa untuk tidak sama sekali memulai mengotori sumpahnya yang telah diikrarkan dalam pelantikan,” katanya.

“Peraturan bukan hanya dipegang,  tetapi harus dipeluk, untuk dijalankan di desanya masing-masing,” katanya. (Azis Abdullah)***

Komentari