Bupati Sudah Terisi, Kini Tinggal Menentukan Wakil Bupati

SINGAPARNA, (KAPOL).-Kini Kabupaten Tasikmalaya telah memiliki Bupati baru, yang baru saja diangkat secara definitif melalui pelantikan yang digelar pada Senin (3/11/2018) malam.

Akan tapi kekosongan posisi Wakil Bupati Tasikmalaya paska Ade Sugianto diangkat menjadi Bupati Tasikmalaya, menjadi perbincangan hangat dikalangan masyarakat dan menjadi rebutan berbagai pihak diantaranya DPD PKS dan DPD PAN.

Ketua DPD PKS Kabupaten Tasikmalaya, Dadi Supriadi mengatakan, partai politiknya merupakan salah satu pegusung pasangan Uu Ruzhanul Ulum dan Ade Sugianto pada Pemilihan Bupati Tasikmalaya tahun 2015, mempunyai jatah untuk posisi Wakil Bupati Tasikmalaya.

“Kalau secara aturan, kan yang mempunyai peluang itu partai pengusung, yakni PKS, PAN dan PDI Perjuangan,” papar Dadi Kamis (6/12/2018).

Dadi mengatakan, pihaknya menyerahkan mekanisme pemilihan Wakil Bupati pada kesepakatan antara ketiga Partai Pengusung itu. Meski hingga kini pembicaraan menuju ke sana belum membuahkan hasil. Pihaknya pun sudah meyiapkan tiga nama untuk diusulkan kepada musyawarah partai pengusung.

“Kami mengikuti mekanisme saja, tapi kami juga sudah siapkan tiga nama untuk calon pendamping pak Ade, yakni KH. Tetep Abdul Latif, Tate Komarudin dan Dedi Kurniawan,” jelas Dadi.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Kabupaten Tasikmalaya, Daud Rifai mengatakan, pihaknya mempunyai peluang mengisi posisi Wakil Bupati karena sebagai partai pengusung. Namun menyerahkan seluruh tahapan kepada aturan yang berlaku.

“Kami memiliki peluang sebagai pengusung, tetapi kami ikuti aturan saja. Aturannya seperti apa ya kami ikuti,” papar Daud.

Disinggung soal kandidat Wakil Bupati dari DPD PAN Kabupaten Tasikmalaya, Daud menyebut, pihaknya masih menggodok di internal partai.

“Kami masih godog di internal kami, nanti kami sampaikan kalau sudah waktunya,” pungkas Daud.

Harus Bawa Perubahan

Pelantikan Ade Sugianto menjadi Bupati Tasikmalaya, Senin (3/12/2018), menggantikan Uu Ruzhanul Ulum yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Jawa Barat membawa harapan baru di Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua KNPI Kabupaten Tasikmalaya, Nana Sumarna mengatakan, pelantikan Ade Sugianto diharapkan membawa perubahan signifikan di Kabupaten Tasikmalaya. Ia menilai Ade mempunyai banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan. Diantaranya melanjutkan pembangunan yang saat ini belum selesai.

“Diharapkan, Ade mampu memberikan program terobosan yang mampu membawa Kabupaten Tasikmalaya lebih baik. Banyak pembangunan yang saat ini belum maksimal, seperti pembangunan jalan, jembatan dan pelayanan publik,” papar dia.

Selain pembangunan, yang tidak kalah pentingnya yakni melakukan pembenahan dan reformasi birokrasi di Pemerintahan. Membina ASN agar bekerja lebih profesional dan sesuai aturan. (Aris Mohamad F)***

Komentari