IKLAN
LINIMASA

Buruh Pabrik Gula Kembali Demo

image

SINGAPARNA, (KAPOL).-
Sejumlah buruh pabrik gula (PT Raya Sugatindo Inti) yang berlokasi di jalan Cikadongdong, Kecamatan Singaparna, kembali melakukan aksi mogok kerja dan memilih untuk berdemo, Selasa (25/8/2015). Aksi ini merupakan kedua kalinya setelah pada Senin (24/8/2015) mereka melakukan aksi serupa.

Kini para buruh datang dengan jumlah lebih banyak. Mereka tergabung dalam Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) memprotes kebijakan perusahaan yang dinilai tidak memberikan hak bagi buruh sesuai aturan.

“Kami meminta hak-hak kami sebagai buruh diberikan. Dari mulai upah setara UMR, tunjangan kesehatan hingga THR. Kami disini kerja telah lebih dari 3 bulan, bahkan ada yang mencapai tahunan,” jelas Dadan Handana, perwakilan buruh juga ketua DPC SBSI Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam aksinya, mereka memasang sejumlah poster bertuliskan sindiran dan protes tepat di pintu gerbang. Mereka pun sempat melakukan orasinya dengan mempergunakan pengeras suara. Meski tidak sampai memanas, namun aksi ini mendapatkan pengawalan ketat aparat kepolisian.

Sementara itu, Manajer Keuangan PT Raya Sugarindo Inti, Taufik Lugina mengatakan, upah UMK, THR dan tunjangan masa kerja tidak menjadi hak para pekerja yang melakukan aksi demo ini. Lantaran status kepegawaian mereka bukan karyawan tetap, tetapi buruh borongan. Direksi sebenarnya sempat menawarkan kepada mereka untuk menjadi karyawan tetap pada tahun 2012 lalu, namun kala itu mereka menolaknya.

“Mereka merupakan karyawan borongan. Akan dibayar sesuai pekerjaan, jadi tidak menerima UMK dan tunjangan lain seperti halnya karyawan tetap,” jelas Taufik. (Aris Mohamad F)***

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab: AS Wibowo
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top