IKLAN
POLITIKA

Calon Panwascam Garut Terbanyak di Jabar

Aep Hendi S/"KAPOL"*

GARUT, (KAPOL).- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Garut, Rabu (11/10/2017) menggelar tes tulis bagi para calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Jumlah calon Panwascam yang daftar di Kabupatern Garut, merupakan yang terbanyak dibandingkan di kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat.

Ketua Pokja Pembentukan Panwascam Kabupaten Garut, Asep Burhanuddin, menyebutkan kegiatan tes tulis ini digelar di aula STIE Yasa Anggana di Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul.

Tes tulis diikuti 674 calon Panwascam dari total pendaftar sekira 734 orang.

Menurut Asep, antusias warga Garut untuk menjadi Panwascam sangat tinggi.

Hal ini bisa dilihat dari jumlah pendaftar yang mencapai 734 orang dan ini merupakan yang terbanyak dibandingkan kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat.

“Anstusiasnya sangat luar biasa hingga jumlah pendaftar di Garut ini merupakan yang terbanyak di Jawa Barat. Dari total 734 pendaftar, hasil verifikasi adiminstrasi yang lolos ada 706 orang sedangkan yang ikut tes tulis ada 674 orang,” ujar Asep kepada Kabar Priangan Online (KAPOL), saat ditemui di sela kegiatan tes tulis.

Dikatakan, tes tulis ini menjadi rangkaian ujian pertama bagi para peserta.

Nantinya hasil tes tulis akan menentukan enam peserta per kecamatan untuk kemudian mengikuti tes wawancara.

Penilaian tes tulis, tutur Asep, dilakukan oleh tim supervisi dari Bawaslu Jabar. Pihaknya menjamin tak akan ada kecurangan dalam penilaian apalagi lembar jawaban peserta di scan.

“Jadi yang lolos itu bukan kami yang menentukan melainkan tim supervisi dari Bawaslu Jabar. Tak perlu khawatir ada kecurangan karena jika sampai hal itu terjadi, kami akan mendapatkan sanksi,” katanya.

Asep juga menerangkan, pengumuman hasil tes tulis akan diumumkan maksimal tiga hari setelah tes. Jika lolos tes tulis, para peserta seleksi akan melanjutkan tes wawancara.

“Untuk wawancara kami menunggu jadwal dari Bawaslu Jabar. Tempatnya akan diselanggarakan di beberapa kecamatan. Jadi tidak sekaligus karena kasihan peserta yang rumahnya jauh,” ucap Asep.

Dikatakan Asep, dari enam peserta yang mengikuti tes wawancara, nantinya akan diambil tiga orang untuk menjadi Panwascam. Dia memastikan semua proses seleksi berlangsung transparan.(Aep Hendy S)***

Komentari

IKLAN
IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top