oleh

Cara Ampuh SMKN 1 Garut Titipkan Anak Didiknya Saat PKL

TARKI, (KAPOL).- Berbagai cara dilakukan pengelola Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Garut untuk memberikan kenyamanan kepada para anak didiknya.

Bukan hanya menyediakan fasilitas atau sarana pembelajaran yang memadai di dalam lingkungan sekolah, kenyamanan juga diberikan saat siswa berada di luar lingkungan sekolah, salah satunya saat melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL).

Untuk memastikan anak didiknya nyaman saat melakukan PKL di dinas/instansi, pihak pengelola SMK Negeri 1 Garut selalu menjalin kemitraan dengan dinas/instansi terkait.

Salah satu bentuk kemitraan yang dilakukan yakni dengan menggelar turnamen futsal antar dinas/instansi.

Kepala SMK Negeri 1 Garut, Dadang Johar Arifin, menyebutkan kegiatan turnamen futsal antar dinas/instansi yang diselenggrakannya merupakan agenda rutin tahunan.

Untuk saat ini penyelenggaraannya sudah memasuki tahun kelima.

Selain sebagai bentuk silaturahmi tuturnya, kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya pihaknya dalam menjalin kemitraan dengan dinas/instansi yang ada di Garut.

Hal ini menyusul adanya kepentingan pihaknya terhadap dinas/instansi dalam menitipkan anak didiknya saat melakukan kegiatan PKL.

“Banyak sekali manfaat yang kami dapatkan dari kegiatan ini selain tentunya sebagai alat untuk lebih menjalin tali silaturahmi. Kamipun punya kepentingan untuk menitipkan anak didik kami yang melakukan PKL,” ujar Dadang saat ditemuyi seusai pertandingan final turnamen futsal antar dinas/instansi di lapang SMK Negeri 1 Garut di Jalan Cimanuk, Tarogong Kidul, Jumat (20/9/2019).

Dikatakannya, untuk tahun ini turnamen diikuti oleh 35 dinas/instansi. Setelah melalui babak penyisihan, yang masuk pada babak fina yakni instansi Kementerian Agama (Kemenag) dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP 3 Garut.

Dalam pertandingan final, tim futsal Kemenag berhasil mengalahkan tim futsal PLN dengan skor cukup telak, 3-0.

Dengan demikian tim futsal Kemenag berhasil meraih gelar juara pertama, disusul tim futsal PLN sebagai juara 2, dan Dispora sebagai juara 3.

“Untuk juara pertama kami memberikan uang pembinaan sebesar Rp 6 juta, juara kedua Rp 4 juta, dan juara ketiga Rp 3 juta. Selain itu, ada juga tropy yang bahannya di antaranya kami buat khusus dari kayu jati merah asal Jepara,” katanya.

Menurut Dadang, terjalinnya kerja sama yang baik dengan dinas/instasi sudah menjadi kebutuhan SMK Negeri 1.

Dengan adanya kerjasama serta jalinan silaturahmi yang baik, maka banyak keuntungan yang didapatkan SMK Negeri 1 Garut, salah satunya dengan mudah bisa menitipkan siswanya PKL di dinas/instasi terkait.

Setiap tahunnya tambah Dadang, ratusan siswa SMK Negeri 1 Garut melaksanakan kegiatan PKL di sejumlah dinas/instansi.

Selama ini tak ada kendala berarti yang dihadapi para siswa kerena penerimaan dari pihak dinas/instansi yang begitu baik bahkan tak jarang juga ada siswa yang begitu keluar sekolah langsung diterima di tempatnya semula PKL.

Dadang berharap, kerja sama serta jalinan silaturahmi yang terjalin antara pihaknya dengan dinas/instansi tersebut akan terus terjalin dengan baik. (Aep Hendy S)***

foto | Kepala SMK Negeri 1 Garut, Dadang Johar Arifin menyerahkan hadiah dan tropy kepada tim futsal Kemenag Garut sebagai juara pertama pada ajang turnamen futsal antar dinas/instansi SMK Negri 1 Cup ke 5.

Komentar

News Feed