Cegah Dampak Negatif Internet, Diskominfo Gulirkan Program Sapa Sekolah

GARUT, (KAPOL).- Berbagai upaya terus dilakukan Pemkab Garut melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) untuk mengantisipasi dampak negatif internet.

Salah satunya dengan menggulirkan program Sapa Sekolah.

Melalui program Sapa Sekolah ini, Diskominfo mengundang sekolah-sekolah untuk berkunjung ke Media Center Diskominfo.

Untuk tahun ini, undangan dikhususkan bagi siswa SD yang menduduki kelas 4 hingga 6.

Kepala Diskomonfo Garut, Nurdin Yana, menyatakan tujuan program ini adalah mengenalkan kepada siswa dalam penggunaan internet secara sehat.

Hal ini menyusul maraknya kasus-kasus yang mengemuka akibat penggunaan gadget dan sejenisnya.

“Untuk itu, sebagai bagian dari tanggung jawab membangun generasi emas, kami sengaja mengundang sekolah-sekolah untuk berkunjung ke kantor Diskominfo,” ujar Nurdin.

Disebutkannya, sekolah yang diundang nantinya akan diberikan materi tentang internet sehat yang disampaikan melalui metode bercerita, menghibur dan diselingi game. Dengan cara demikian, para siswa akan menikmati materi yang disajikan dengan tidak merasa jenuh.

“Setelah itu siswa dibebaskan untuk menggunakan fasilitas internet sepuasnya melalui media center dan kendaraan mobil internet. Karena keterbatasan fasilitas, kami baru bisa mengundang 5 hingga 10 siswa yang dibagi dua sesi untuk dua rombongan, yaitu pagi dan sore,” katanya.

Melalui program ini, Nurdin berharap para siswa akan memperoleh wawasan tentang internet sehat dan dapat menyebarkan ilmu ke teman-temannya.

Sementara itu Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik, Yusep Ruslan, menambahkan, mulai tahun ini diundang sekolah-sekolah dasar khusus wilayah perkotaan terdekat yang dikerjasamakan dengan Dinas Pendidikan.

“Kami baru undang yang terdekat saja sebagai percontohan yang nantinya akan dikembangkan lebih luas,” ucap Yusep.(Aep Hendy S)***

Komentari