Cerdas Cermat FDS, Menarik Keluarga PKH

SODONGHILIR, (KAPOL).- Guna memudahkan dalam penerapan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tentang modul Family Development Session (FDS) Aktivitas Dan Kreasi Menuju Keluarga Sejahtera terus bergerak memberikan pemahaman, salah satunya melalui lomba cerdas cermat.

FDS sendiri merupakan kata lain dari Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2).Untuk meningkatkan kemampuan kapasitas dan kemampuan peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dalam hal pengasuhan anak, kesehatan dan gizi dan mengelola perekonomian keluarga.

FDS merupakan materi yang disampaikan dalam pertemuan kelompok dengan anggota PKH. “Pemahaman KPM tentang materi Modul FDS kami uji dengan lomba cerdas cermat,” kata Koordinator PKH Kecamatan Sodonghilir,  Nandang Suryana, Rabu (10/10/2018).

Dikatakannya, cerdas cermat ini merupakan wadah untuk melihat sejauh mana pemahaman KPM terhadap modul FDS, serta sejauh mana pendamping berhasil menyampaikan materi FDS kepada KPM.

Pendidikan dan pengasuhan anak memang merupakan salah satu konten materi yang ada dalam modul FDS. Serta pada prakteknya banyak sekali mengungkap perilaku yang harus dilakukan oleh orangtua kepada anak agar tumbuh kembangnya baik.

“Ini cara kami untuk melihat dan mengapresiasi apa yang sudah mereka lakukan di keluarganya saat ini, sehingga walaupun cerdas cermat ini formatnya lomba tapi mereka menjawab soal seakan menceritakan apa yang mereka lakukan sehari-hari,” katanya.

Seperti yang diungkapkan oleh Rosmiati peserta lomba dari Desa Sukabakti “Lombanya seru, sampai rebutan jawab tadi karena soal yang diberikan banyak tentang pengasuhan anak,” katanya.

Diakui oleh ketua pelaksana, Robi Andriatna, lomba cerdas cermat ini memang banyak soal tentang pendidikan dan pengasuhan anak, karena materinya ringan dan sudah banyak dipraktikkan oleh para KPM Sodonghilir.

“Sehingga dalam praktiknya KPM terlihat antusias dalam mengikuti lomba.” Ucapnya. (Erwin RW)***

Komentari