Dandim : Awak Media Berperan Ciptakan Situasi Kondusif Pemilu 2019

SUMEDANG, (KAPOL).- Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah mengajak awak media untuk sama-sama menciptakan suasana kondusif terlebih menjelang Pemilu 2019.

Awak media sangat berperan dalam menciptakan kondusifitas dengan mengedepankan penyajian berita yang berkualitas dan berita yang berimbang dengan berdasar pada chek and rechek.

Ia yang baru 37 hari menjabat sebagai Dandim 0610 Sumedang tersebut menyebutkan, tahapan Pemilu 2019 yang saat ini tengah berlangsung.

Dikatakan, peran awak media dalam mewujudkan suasana kondusif sangatlah penting, tak hanya pada momentum Pemilu saja namun, dalam kegiatan tertentu yang harus diketahui hal layak umum terutama yang berkaitan dengan tugas TNI hingga ke tingkat Babinsa dilapangan.

“Menjaga Kondusifitas merupakan kewajiban bersama semua kalangan masyarakat. Juga awak media,” tutur Dandim dalam acara Coffee Morning bersama para awak media Cetak, Elektronik dan Online di Makodim 0610 Sumedang, Jum’at (7/12).

Diakuinya, hubungan para awak media dengan Kodim 0610 sudah terjalin dengan baik, dari tahun ketahun semakin solid. Itu dibujyikan dengan tetbentuknya Pokja dari mulai 2017.

Namun, kata dia, diharapkan hubungan yang telah terjalin dapat lebih bersinergi.

“Sebab, banyak persoalan dilapangan yang harus dicermati bersama dan peran awak media dinilai sangat kami butuhkan demi informasi yang harus disampaikan pada masyarakat,” ujarnya.

Namun demikian, sambung Dandim 0610, Kodim 0610 tentunya dalam menyikapi persoalan dilapangan tidak bisa berjalan sendiri. pihaknya akan selalu berkolaborasi, berinovasi baik dengan Pemda, Polri, rekan media maupun institusi lainnya.

“Kami berharap, kebebasan pers dewasa ini jangan sampai ternodai oleh hal hal yang bersifat negatif, sejatinya, rekan awak media tetap mengedepankan etika jurnalis, terlebih dalam pemberitaan yang dinilai harus memenuhi unsur kaidah jurnalistik,” katanya.

Dandim menambahkan, selain mengapresiasi positif dan ucapan terima kasih kepada wartawan, Dandim pun mengharapkan masyarakat Sumedang harus lebih tahu lagi, apa saja yang telah dikerjakan Kodim 0610.

“Sehingga, melalui kegiatan ini peran wartawan dalam menginformasikan kepada masyarakat terkait dengan tugas TNI dapat diketahui masyarakat seutuhnya,” ungkapnya. (Devi Supriyadi)***

Komentari