Danrem 062 : Sudah Saatnya Pangandaran Tingkatkan Aspek Militer dan Pertahanannya

PARIGI, (KAPOL),- Kelonel Inf. Parwito Komandan Korem 062 Taruma Negara Garut meninjau lokasi lahan di Dusun Sidahurip, Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran Peninjauan lahan didampingi okeh Kasubag Pertanahan Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran, Tedi dan Komandan Koramil Parigi Kapten Sugiono, Rabu (12/6/2019).

Berdasarkan hasil perbincangan antara Wakil Bupati Pangandaran Adang Hadari bersama Danrem 062 Taruma Negara Garut, menurut Adang, bahwa melalui kebijakan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, pemerintah daerah menyerahkan sebidang tanah seluas kurang lebih sekitar 2 hektar itu untuk pembangunan kantor Markas Komando Distrik Militer (Kodim) di Pangandaran.

“Meskipun belum di bangun sekarang minimal kita sudah menyiapkan lahannya untuk kantor Kodim,” ujar Adang.

Menurut Adang, pendirian kantor Kodim di Pangandaran sangat penting dan strategis, pasatkan kata Adang, sehingga Pangandaran bisa menambah kekuatan baru yang berdekatan dengan kabupaten/kota lain.

“Tentunya dengan adanya aktifitas yang meningkat tentu akan meningkat juga angka kriminalitas di Pangandaran sebagai daerah pariwisata,” ujarnya.

Adang juga mengatakan bahwa Danrem 062 Garut pun menyampaikan kepada dirinya apabila telah berdiri Kodim di Pangandaran akan menjadi antusias baru dalam mendukung roda pemerintah di Kab Pangandaran.

“Beliau (Danrem) juga mengapresiasi bahwa pada saat pelaksanaan pileg dan pilpres kemarin di Pangandaran bisa berjalan dengan aman, lancar dan sukses,” kata Adang, seraya Adang menambahkan, pemerintah daerah akan membantu dari segi pembangunan akses jalan dari jalan raya menuju kantor Kodim yang akan dibangun di Pangandaran.

Dalam peninjauannya, Danrem 062 Taruma Negara Garut, Kolonel Inf. Parwito menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pemerintah Kab Pangandaran yang telah memfadilitasi sebidang tanah untuk pembangunan kantor Kodim.

Menurut Parwito, pembangunan satuan baru ini harus melalui kajian, yang saat ini kata dia, sudah ada tim pengkaji nya untuk rencana pembangunan kantor Kodim di Pangandaran.

“Minimal dengan sudah tersedianya lahan ini paling tidak nanti akan mendukung percepatan pengajiannya,” ujarnya.

Dirinya berharap, mudah-mudahan tim pengkaji bisa menyatakan layak untuk membangun perkantoran atau sebagai perumahan.

“Kami berharap itu secepatnya karena Pangandaran sangat strategi kalau ditinjau dari aspek militer dan aspek pertahanannya,” ucap Parwito, seraya dirinya mengatakan, untuk pendirian Kodim di Pangandaran akan ditempatkan sebanyak sekitar 300 sampai 500 personil dari TNI Angkatan Darat.

“Tetapi itu juga akan dihadapkan dengan jumlah personil yang ada di Koramil yang ada,” ucapnya.

Sementara nyonya Ismi Parwito istri dari Komandan Korem 062 Garut mengatakan, bahwa dirinya bersama suaminya baru pertama kalinya datang ke Pangandaran.

“Wah indah sekali tempat-tempat wisatanya,” tutur Ismi yang sempat mengunjungi beberapa obyek wisata pantai Pangandaran, pantai Batukaras, Green Canyon dan wisata alam Citumang. (Agus Kusnadi)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...