IKLAN
BUDAYA

Dari Bakiak sampai Panjat Pinang, Polresta tak Melulu Menangani Hukum

INDIHIANG, (KAPOL).-
Sebanyak 900 personil kepolisian dari berbagai fungsi di lingkungan Kepolisian Resort Tasikmalaya Kota mengikuti berbagai perlombaan tradisional dalam rangka memeriahkan HUT ke-70 RI di halaman Mapolres Tasikmalaya Kota, Jumat (21/8/2015).

Antara lain, lomba bakiak/terumpah, tarik tambang, balap karung, sepak bola bersarung, panjat pinang, dan memasukkan belut ke dalam botol.

Kabag Ops Polres Tasikmalaya Kota, Komisaris Ricki Lesmana mengatakan, kegiatan perlombaan tradisional yang dilakukan oleh personil kepolisian, tidak lain untuk mengangkat kembali budaya nasional yang kian hari semakin jarang dilakukan masyarakat karena mulai terkikis modernisasi.  “Tema dalam kegiatan ini adalah mengangkat kembali budaya nasional,” katanya.

Tidak hanya asal melakukan perlombaan tradisional, tetapi juga memilih mana perlombaan yang memiliki filosofis tinggi tentang arti kesatuan dan persatuan.

Seperti lomba terumpah. “Ini dimainkan oleh beberapa orang dan butuh konsentrasi serta kekompakan untuk mencapai garis finis. Jika yang satu terjatuh maka kawannya tidak dapat melanjutkan perjalanan. Ini yang melatih kekuatan dan kekompakan yang terintegrasi. Begitu juga dengan perlombaan tarik tambang dan panjat pinang,” ujarnya. (D. Farhan Kamil)***

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top