IKLAN
RELIGI

Deddy Mizwar: Pamijahan Bukti Nyata Peradaban Islam di Jawa Barat

image

Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Deddy Mizwar beserta isrtinya, Hj. Giselawati Mizwar usai ziarah di makam Syekh Abdul Muhyi Pamijahan, Kamis (05/05/2016). Foto: Imam Mudofar/KAPOL

BANTARKALONG, (KAPOL).-

Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Deddy Mizwar beserta istrinya, Hj. Giselawati Mizwar menyempatkan diri ziarah ke makam Syekh H. Abdul Muhyi di Desa Pamijahan Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (05/05/2016). Deddy Mizwar beserta rombongan tiba untuk menghadiri acara peringatan Isra Mi’raj dan sunatan mesal serta peresmian aula Masjid Pusaka Karomah Safarwadi Pamijahan yang baru saja rampung dibangun.

Kedatangan orang nomor dua di Jawa Barat beserta rombongan ini disambut langsung oleh Kuncen (Juru Kunci) Keramat Safarwadi Pamijahan, KH. Endang Adjidin, Kepala Desa Pamijahan, Devi Kostaji dan Anggota Komisi 4 DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H. Ejen Zenal Mutakin. Deddy dan rombongan bahkan dipersilahkan masuk ke dalam area makam yang biasanya tertutup untuk umum.

Usai Ziarah, Deddy mengatakan Pamijahan merupakan salah satu situs peninggalan peradaban Islam yang ada di Jawa Barat. Khususnya di wilayah Jawa Barat bagian Selatan. Maka tak heran jika setiap harinya orang ramai berdatangan untuk sekedar ziarah ke Makam Syekh H. Abdul Muhyi.

“Bisa kita bayangkan, tanpa kehadiran Syekh H. Abdul Muhyi barangkali hari ini kita bukan pemeluk agama Islam,” ujar Deddy.

Ramainya para peziarah di Pamijahan ini, kata Deddy, jangan diartikan sebagai suatu perbuatan syirik. Melainkan bentuk penghormatan atas jasa-jasa Syekh H. Abdul Muhyi yang sudah dengan gigih berjuang menyebarkan agama Islam di wilayah Jawa Barat bagian Selatan.

“Sama halnya ketika kita ke Madinah dan ziarah ke Makam Rosululloh Muhammad. Itu kan bentuk penghormatan dan kecintaan kita,” kata Deddy.

Deddy sendiri mengaku ini kali pertamanya datang dan ziarah langsung ke Pamijahan. Selama ini, kata Deddy, ia hanya mendengar sekilas tentang Pamijahan. Tapi karena berbagai macam kesibukan, ia belum sempat untuk datang langsung ke Pamijahan. (Imam Mudofar)

Komentari

IKLAN
IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top