DEEP Sebar Pemantau Awasi Pemilu

TASIKMALAYA, (KAPOL).-Jelang perhelatan pesta demokrasi, pemantau pemilu Democrazy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) akan menyebar ribuan pemantau di sejumlah TPS rawan di Jawa Barat.

Mereka yang akan memantau tersebut sudah diberikan penguatan kapasitas baik Peraturan KPU maupun Bawaslu. Sehingga saat memantau mereka paham aturan dan bisa melaporkan segala bentuk dugaan pelanggaran yang terjadi kepada pihak berwajib baik bawaslu mupun aparat penegak hukum.

Direktur Eksekutif Deep, Neni Nurhayati mengatakan, makin dekatnya perhelatan demokrasi yang tinggal menghitung hari, pihaknya akan menyebar ribuan pemantau pemilu di TPS yang dianggap rawan di 20 Kota dan Kabupaten di Jawa Barat.

Sebelum diterjunkan ke lapangan, para pemantau tersebut tentunya diberikan pengutan kapasitas, baik teknis maupun non teknis, serta regulasi hukum peraturan KPU dan Bawaslu. Sehingga jika ditemukan dugaan pelanggaran, maka mereka paham aturan.

“Gerakan yang dilakukan DEEP saat ini fokus pada pemantuan pemilu, mulai dari pemungutan hingga penghitungan. Serta pembinan pemilih milenian mengingat kondisi pesta demokrasi saat ini berbeda dengan pemilu sebelumnya,” jelas dia, ketika melakukan kordinasi dengan para pengawas di Woody Kitchen Kota Tasikmalaya, kemarin.

Neni menambahkan, Jawa Barat merupakan salah satu daerah penyumbang suara terbanyak pemilu dan lebih dari tiga puluh persen diantaranmya pemilih pemula. Sehingga Jawa Barat menjadi buruan untuk para calon untuk meraih simpati. Maka dari itu perlu pemantuan dan pengawasan secara serius dan mendalam agar pesta demokrasi berjalan jurdil. (Aris Mohamad F)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...