IKLAN
LINIMASA

Dekatkan Sejarah pada Masyarakat

TASIKMALAYA, (KAPOL) –
Monumen Prasasti Geger Hanjuang selalu disebut-sebut sebagai cikal bakal berdirinya Kab. Tasikmalaya. Namun faktanya, ada banyak masyarakat di Kab. Tasikmalaya yang tidak mengetahui hal tersebut.

Padahal tidak ada bangsa yang besar tanpa menghargai sejarah masa lalunya. Terlebih prasasti Geger Hanjuang yang asli sendiri tidak ada di Kab. Tasikmalaya. Melainkan di Museum Nasional Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto mengatakan ada banyak peninggalan-peninggalan sejarah di Kab. Tasikmalaya. Tidak hanya di Galunggung saja. Sebab sejarah perjalanan Tasikmalaya yang dulu lebih dikenal dengan nama Sukapura ini tidak menetap di satu daerah tertentu.

“Kita harus ingat, ada Umbul di Sukakerta yang lokasinya di sekitar Kec. Salopa. Ada Dalem Pamijahan, ada Manonjaya dan lain sebagainya,” kata Ade kepada Kapol, Kamis (6/8/2015).

Selama ini, kata dia, Pemerintah Kab. Tasikmalaya mendorong untuk mendekatkan sejarah itu kepada masyarakatnya. Meskipun secara real, diakui Ade belum ada langkah lebih jauh seperti halnya membuat museum yang menampung seluruh peninggalan sejarah Tasikmalaya.

“Ke depan, tentunya ini harus didorong. Pemerintah harus mendekatkan sejarah di tengah-tengah masyarakatnya,” ujar Ade.

Selain itu, kata Ade, peninggalan-peninggalan sejarah ini harus ada peningkatan pembangunan. Bisa pula peninggalan itu menjadi cagar budaya yang menghasilkan di sektor wisata. (Imam Mudofar)

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Aditya Hiracahya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Redaktur : Abdul Latif
Wartawan : Jani Noor, Imam Mudofar, Azis Abdullah, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top