Deklarasi Pemilu Bersih dan Berintegritas, Waspadai Pelanggaran Pemilu

BANJAR, (KAPOL).- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjar bersama peserta pemilu, penyelenggara pemilu dan masyarakat Kota Banjar melakukan “Deklarasi Pemilu 2019, Bersih dan Beritegritas” di area parkir Banjar Water Park (BwP), Minggu (25/11/2018).

Ketua Bawaslu Kota Banjar, Irfan Saeful Rohman, berharap, melalui deklarasi ini peserta pemilu, penyelenggara pemilu dan masyarakat Kota Banjar mampu menjaga, memastikan dan melaksanakan kampanye secara santun dan beradab, demi terciptanya Pemilu 2019 yang jujur, adil, aman tertib dan damai.

Bersamaan itu, dikatakan dia, disepakati untuk menolak segala bentuk politisasi SARA, money politic, kampanye hitam, tindak kekerasan, intimidasi, provokasi dan segala bentuk kegiatan yang dilarang sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

“Diantara potensi pelanggaran pemilu yang rawan di Kota Banjar itu, netralitas ASN, money politic dan hoax di media sosial. Saat ini, kami, Bawaslu sudah berupaya melakukan pencegahan. Terbukti melakukan perbuatan yang dilarang dipastikan ditindaknya,” kata Irfan.

Wali Kota Banjar, Hj.Ade Uu Sukaesih, berharap semuanya mewaspadai hoax. Untuk itu, diharuskan bersih dan berintegritas pada Pemilu 2019 ini.

“Integritas itu jujur, selaku penyelenggara pemilu diharuskan jujur juga, artinya ulah dengdek,” ujar Hj.Ade.

Waka Polres Kota Banjar, Kompol Ade Najmuloh, menyatakan, penyebaran berita bohong atau hoax melalui media sosial, termasuk potensi yang rawan dan seringkali berakhir kericuhan.

“Kericuhan akibat hoax di medsos, biasanya itu terjadi saat mereka bertemu atau kopdar satu sama lainnya. Hal ini semestinya diwaspadai, karena peristiwa tersebut sempat ada dan terjadi di daerah lain,” ucap Kompol Ade.

Acara deklarasi Pemilu 2019, bersih dan beritegritas ini diwarnai pengucapan ikrar dan penandatanganan baliho yang berisi ikrar yang sudah diucapkan itu.

Dimulai Wali Kota Banjar, Dandim 0613/Ciamis, Kapolres Banjar, Kajari Kota Banjar, Ketua Bawaslu Kota Banjar, Ketua KPU Kota Banjar, Tim Kampanye Calon Presiden Nomor Urut 01 dan Tim Kampanye Calon Presiden Nomor 02, serta perserta pemilu. Yaitu, parpol peserta Pileg 2019.

Sekretaris Bawaslu Kota Banjar, Asep Barkah, menyatakan, sebelum acara deklarasi itu, digelar senam bersama masyarakat dan penyelengara Pemilu di Kota Banjar, mulai Bawaslu, Panwascam dan Pengawas Lapangan tingkat desa/kelurahan.

“Masyarakat yang ikut senam sebelum deklrasi itu mencapai seribuan orang. Pelepas lelah, peserta senam yang berhasil menjawab pertanyaan seputar Pemilu 2019, diberi doorprize,” ujar Asep Barkah. (D.Iwan)***

Komentari