Desainer Tasik Promokan Kriya di Amerika Serikat

TASIKMALAYA, (KAPOL).-Sebanyak delapan produk unggulan kriya asal Tasikmalaya mencoba peruntungan di Amerika Serikat. Produk tersebut akan dipresentasikan desainer asal Tasik Nani Oktaviani pada Indonesia Trade Promotion Center Los Angeles (ITPC LA) yang masih berlangsung. 

“Awal minggu ini saya presentasi di ITPC ke delapan produk unggulan. Kemarin saat fashion show memamerkan kebaya bordir dan batik pada acara festival budaya asia di Acara Silk Road Route Unity Festival di Anaheim Orange County negara bagian California,” ujarnya ketika dihubungi melalui jejaring sosial whatsapp, akhir pekan lalu.

Kedelapan produk unggulan tersebut, kata dia, sebagai upaya membantu Pemerintah Kota Tasikmalaya dalam membuka pasar baru di luar negeri. Selama enam bulan mendapatkan kesempatan, bakal memberikan masukan berharga untuk bersaing dalam standar dan kualitas produk.

“Director ITPC LA Antonius A. Budiman dan wakil nya ibu Martina sangat merespon positif dan tertarik,” katanya.
“Mulai dari batik, bordir, payung geulis, anyaman, alas kaki kayu, bambu, olahan kayu dan yang kedelapan adalah kuliner. Sekaligus juga membaca selera pasar untuk kain batik asal Tasikmalaya bisa diterima di sini,” ujar Nani yang sering manggung di fashion show Indonesia dan sejumlah negara.

Beberapa jenis yang ditampilkan produk, kata dia, seperti clutch bordir, anyaman dan batik. Masukan dari warga yang mendatangi ITPC LA sangat dibutuhkan untuk pengembangan produk. Terlebih pasar luar negeri sangat menekankan kontrol kualitas.

“Detil apa yang harus diperbaiki, dan bagaimana membuat produk berkualitas sesuai dengan standar kebutuhan pasar. Memang tidak akan terasa langsung, tapi proses ini Insya Allah bisa membawa produk Tasik yang mendunia,” katanya. (Inu Bukhari)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...