Di Dusun Desa, Budaya Gotong Royong Masih Kental

BAREGBEG, (KAPOL).-Kepedulian masyarakat di Dusun Desa, RT 3 RW 2, Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg terhadap sesama patu medapat apresiasi.

Pasalnya, kearipan lokal dengan saling tolong- menolong serta budaya gotong royong masih kental serta masih terpelihara sampai sekarang.

Itu dibuktikan dengan besarnya animo warga setempat untuk bergotong royong mendirikan rumah warga setempat yang kurang mampu milik Husen ( 50).

Untuk diketahui, Husen sendiri merupakan warga setempat yang hingga saat ini hidup sebatang kara serta rumahnyapun numpang pada tanah milik orang lain.

Selain itu selama ini Husen belum pernah mendapat bantuan fasilitas apapun dari pihak pemerintah.

“Hari ini kita lagi gotong royong membuatkan rumah warga kami yang tergolong kurang mampu. Warga yang berada di wilayah RW 2 Dusun Desa semuanya kompak gotong royong,” kata Hanan Henara ketua RW setempat pada “ KP ” Jumat ( 19/10/2018).

Kata dia ada yang memberikan bantuan berupa matrial untuk kebutuhan ruamh, serta ada yang berupa tenaga, sehingga pembanguan rumah milik Husen dengan ukuran 3 x4 bisa terwujud.

Menurut dia, para warga semuanya bekerja dengan ikhlas tanpa meminta upah apapun. Sementara kehadiran dari pihak pemerintah desa setempat serta anggota Babinsa mereka datang langsung dan telibat dalam pembuatan rumah tersebut.

Sehinga masyarakat merasa termotivasi serta merasa mendapat perhatian secara langsung dari pihak pemerintah.

Aplagi pelaksanaan bedah rumah milik Husen, tentu tidak akan cukup kalau hanya mengandalkan dari masyarakt setempat. Karena itu parstisipasi dari semua pihak sangat dibutuhkan.

“Terbukti hari ini, ada yang menyumbang kayu, semen batu, pasir serta kebutuhan untuk yang lainya, tenaga tukang serta makanan secara ikhlas dan geratis,” ucapnya,” (Endang Setia Budi). ***