Di Tasik Baru Ada 1900 Sapi Perah

image

KADIPATEN, (KAPOL).-
Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tasikmalaya, H Idik Abdullah mengatakan di Kabupaten Tasikmalaya baru ada 1.900 ekor sapi perah.

Potensinya tersebar di wilayah Kec Pagerageung, Sukaratu, Cisayong dan  Kec Salawu. Hanya saja sebagian besar populasi ada di Pagerageung yang mencapai 90 persennya.

“Tiap hari rata-rata perekor sapi itu menghasilkan susu sebanyak 8 liter perekornya. Namun beberapa waktu lalu ada juga sapi yang bisa menghasilkan susu sampai 30 liter,” katanya.

Sapi yang mampu menghasilkan susu sampai 30 liter perhari tersebut merupakan sapi keturunan dari Kanada dengan pola pemeliharaan yang bagus dan berkualitas.

Namun saat ini kondisinya mengalami perubahan dalam bidang budi daya sapi perah di tingkat peternak. Pola sederhana tersbeut kata Idik membuat produksi susu tidak mengalami perkembangan yang pesat. Bahkan cenderung mengalami penurunan.

Ia berharap, para peternak bisa mengembangkan usaha budidayanya dengan baik. Karena tidak menutup kemungkinan sapi perah di Kab Tasikmalaya berkualitas bagus dan ada yang mampu menghasilkan produksi susu sampai 30 liter perhari. (Abdul Latif)

Komentari