IKLAN
LINIMASA

Dinas Pertanian Mengandalkan Hujan Buatan

Henri Nugroho

Henri Nugroho

SINGAPARNA (KAPOL),-
Kekeringan masih melanda beberapa daerah di Kab. Tasikmalaya. Ratusan hektar lahan sawah sudah dipastikan mengalami puso atau gagal panen. Sedangkan ribuan hektar lahan sawah lain terancam gagal panen.

Sejauh ini, Dinas Pertanian Kab. Tasikmalaya tidak bisa berharap lebih pada hujan. Pasalnya berdasarkan pantauan dari BMKG, kemarau masih akan berlangsung sampai dengan bulan Oktober mendatang. Sedangkan bantuan air bagi lahan pertanian di Kab. Tasikmalaya tidak akan cukup untuk mengatasi kekeringan.

Kepala Dinas Pertanian Kab. Tasikmalaya, Henry Nugroho mengatakan sejauh ini pihaknya berharap pada program hujan buatan.
Program hujan buatan ini sendiri digagas oleh BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, red) bekerja sama dengan Kementrian Pertanian.

“Kita kemarin sudah rapat di Pemprov. Jabar untuk meminta program hujan buatan,” kata Henry saat ditemui Kapol usai upaca HUT Pramuka ke 54, Jum’at (14/8/2015) di Gedung Pramuka Mangunreja Singaparna.

Program hujan buatan ini, kata Henri, dinilai akan sangat membantu mengatasi kekeringan di Kab. Tasikmalaya. Mengingat daerah yang terdampak kekeringan hampir merata ke berbagai wilayah di Kab. Tasikmalaya.

“Kemarin sudah dilakukan uji coba hujan buatan. Laporan teman-teman di lapangan, kemarin di Cikatomas juga sudah hujan,” ujar Henri.

Teknologi hujan buatan ini, kata Henri, bergantung pada kondisi awan. Awan yang ideal mirip dengan bunga kol dengan ketinggian antara 14000-15000 kaki.

Awan dengan kondisi yang seperti itu tidak muncul setiap saat. Sedangkan untuk pembuatan hujannya sendiri dengan cara menyemprotkan zat asam dan bibit es ke gumpalan awan tersebut.

“Kerja sama dengan TNI AU juga untuk penembakan zat asamnya,” imbuh Henri. (Imam Mudofar)

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Aditya Hiracahya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Redaktur : Abdul Latif
Wartawan : Jani Noor, Imam Mudofar, Azis Abdullah, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top