Disdik Garut Gelar Sosialisasi Pendidikan Keluarga

GARUT, (KAPOL).- Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) pada Dinas Pendidikan Kab. Garut mengadakan sosialisasi pendidikan keluarga tentang 1000 hari pertama kehidupan (HPK).

Kegiatan yang berlangsung selama 7 hari tersebut, akan dilaksanakan di 7 kecamatan yang berbeda.

Diantaranya, di Kecamatan Garut Kota, Tarogong Kaler, Cikajang, Bungbulang, Pameungpeuk, Wanaraja, dan Kec. Kersamanah.

Kabid PAUD-DIKMAS Disdik Kab. Garut, Solih mengatakan, sosialisasi bertujuan penyusunan petunjuk pelaksanaan kegiatan untuk memberikan panduan bagi Disdik dan panitia penyelenggara dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi Pendidikan Keluarga pada 1000 Hari Pertama Kehidupan.

“Adapun hasil yang diharapkan adalah terlaksananya kegiatan sosialisasi pendidikan keluarga pada 1000 Hari Pertama Kehidupan secara efektif esesien transparan dan akuntabelsesuai tujuan yang diharapkan,” kata Solih didampingi unsur Disdik lainnya, Moch. Yusup disela kegiatan, Kamis (11/10).

Ia menuturkan, materi yang diberikan, selain kebijakan pendidikan keluarga, juga perawatan dan pengasuhan anak pada 1000 HPK, serta implementasi pendidikan keluarga.

“Makanya, narasumber dan fasilitator yang dihadirkan pun di antaranya dari unsur Direktorat pembinaanpendidikan keluarga, dinas pendidikan kabupaten, PKK , dan lainnya. Sosialisasi ini juga diikuti ratusan peserta dari unsur Kelurahan, Desa, Tim penggerak PKK, Pengelola PAUD, dan kader,” ujarnya.

Solih menuturkan, sosialisasi ini salah satu upaya yang dilakukan dalam menangani dan mengurangi prevalensi stunting atau kerdil melalui pendidikan bagi keluarga atau orang tua tentang perawatan dan pengasuhan pada 1000 hari pertama kehidupan (HPK).

“Masa 1000 HPK merupakan masa penting yang berpengaruh dalam perkembangan anak secara keseluruhan. Oleh karena itu pada masa ini diperlukan perbaikan gizi, perawatan, dan pengasuhan yang tepat sehingga bisa mencegaj terjadinya stunting,” kata Solih. (Dindin Herdiana)***

 

Komentari