Disdik Pasang Target 2019 Seluruh SD Terapkan Kurtilas

CIAMIS,(KAPOL).-Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis menargerkan seluruh sekolah dasar (SD) di Kabupaten Ciamis pada 2019 nanti. Untuk itu Disdik gencar melakukan sosialisasi bagi Guru sasaran dan Kepala Sekolah.

“Sekarang menuju 100 persen, semua SD siap melaksanakan kurtilas. Di Kurtilas ini anak-anak lebih banyak dikenalkan dengan pembelajaran melalui media dan alam sekitar,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Wawan S Arifien usai pembinaan dan sosialisasi Kurtilas di Induk Klaster SDN 4 Mekarmukti Kecamatan Cisaga Senin (9/7/2018).

Menurutnya, Kurtilas harus dilaksanakan di semua sekolah. Karena mengejar program revolusi industri 4.0 di mana making education 4.0 lebih orientasi terhadap penggunaan teknologi informasi (IT).

“Makanya Kurtilas harus berorientasi pada 4C yaitu Colaboration, Critical Thingking, Crearif dan Comunication,” ucapnya.

Sehingga dapat menciptakan generasi anak yang akan datang mampu menggunakan dan mendayagunakan TI. Anak-anak tidak hanya menggunakan IT hanya untuk kesenangan, tapi bisa menghasilkan pengetahuan bagi dirinya sendiri.

“Pada akhirnya, anak-anak akan bersaing di tatanan global. Mengajar tidak hanya cukup mencerdaskan anak menghitung, tapi mampu menggunakan IT dengan baik,” jelasnya.

Untuk sarana dan prasarana, menurut Wawan, itu bisa diciptakan tergantung kreatifitas dari guru yang mengajar. Sehingga guru harus terus memperbaharui kemampuannya.

“Suntikan guru-guru baru terutama sukwan diangkat jadi PNS itu sangat diperlukan untuk Kurtilas ini,” katanya.

Selain itu, sistem metodologi pembelajaran juga harus sesuai dengan yang diinginkan oleh Kurtilas. Jadi tidak bisa mengajar dengan metoda lama. (Yogi T Nugraha)***

Komentari