Dorong Peningkatan Kinerja Kader JKN Kab Garut, BPJS Kesehatan Tasik Rutin Adakan Evaluasi


GARUT KOTA, (KAPOL).- Dalam rangka meningkatkan kinerja dari para kader JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya rutin menggelar evaluasi bertempat di Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Garut Jalan Jenderal Sudirman No.20B Km 1 Kelurahan Kota Kulon Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut.

Evaluasi ini diselenggarakan dengan mengumpulkan semua kader JKN-KIS di wilayah Kabupaten Garut. Kesempatan ini digunakan sebaik-baiknya untuk mengajukan pertanyaan seputar kendala dan realita yang terjadi yang mereka temui di lapangan selama proses kerja.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan, Euis Pujasari menjelaskan, dalam pertemuan kali ini selain memberikan evaluasi atas kinerja para kader JKN-KIS ini, juga memberikan update informasi terbaru berkaitan dengan regulasi yang terbaru maupun informasi-informasi lainnya yang dapat menunjang pengetahuan para kader dalam penyampaian ke peserta.

“Para Kader JKN diharapkan ikut peduli apabila menemukan peserta yang memiliki
kepesertaan ganda untuk diberikan edukasi agar dapat melaporkan kepada BPJS Kesehatan supaya peserta tersebut tidak mengalami kebingungan akan status kepesertaannya”, ujar Euis Pujasari.

Pada sesi diskusi, Dadan Haerudin Kader JKN Kecamatan Limbangan mengatakan, kerja keras para Kader JKN ini tidak selalu mulus.

Ada kendala yang sering ditemui ketika
melakukan penagihan ke lapangan, seperti beberapa peserta pada saat dikunjungi kerumahnya ternyata sudah meninggal dunia. Namun belum dilaporkan status meninggalnya oleh keluarga ke kantor BPJS Kesehatan.

Akibatnya iuran dari peserta meninggal tersebut masih ditagihkan karena belum dinonaktifkan.

Hal ini akibat kekurang pahaman dan ketidaktahuan dari mereka para peserta yang terkadang memerlukan kesabaran dari kita (Kader JKN-KIS) dengan tetap tenang saat menghadapi dan mengedukasi masyarakat.

Para kader JKN ini juga berperan sebagai agen Payment Point Online Bank (PPOB). Sehingga bisa menerima pembayaran iuran JKN dari peserta sama seperti kanal-kanal pembayaran yang lain (Kantor Pos, Alfamart/Indomaret, Pegadaian dll). (Erwin RW)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...