DPRD Paripurnakan Revisi RPJMD Kab. Tasik

SINGAPARNA, (KAPOL).- Setelah melalui serangkaian proses perancangan dengan melibatkan masyarkat, alim ulama serta pihak Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Revisi RPJMD Kabupaten Tasikmalaya, kini masuk dalam rapat paripurna DPRD.

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H. Ruhimat, M.Pd mengatakan, usulan eksekutif merevisi RPJMD dengan landasan semangat memajukan Kabupaten Tasikmalaya lebih baik ke depan, menjadi prioritas DPRD untuk segera dirampungkan. Revisi itu mutlak dilakukan agar RPJMD hari ini betul-betul realistis dengan menyesuaikan kepada kemampuan anggaran termasuk SDM aparatur pemerintahan yang ada.

“Kenapa harus direvisi? Agar RPJMD tidak lagi melambung dan membual. Capaian pembangunan lima tahun ke depan harus benar-benar tercapai dengan sukses dan tidak ada lagi yang terabaikan. Maka RPJMD harus realisatis,” kata Ruhimat, Rabu (4/7/2018) kemarin.

Ketika RPJMD melambung dan tidak realistis, lanjutnya, niscaya banyak program yang tidak akan tercapai. Dan manakala RPJMD tidak tercapai, maka perencanaan pemerintah dinilai tidak matang. Kemudian, pemerintah daerah dianggap tidak menyelesaikan perencanaan pembangunan jangka menengah.

“Untuk itu RPJMD harus terukur, terjangkau dan tidak rahul,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tasikmalaya, H. Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, revisi RPJMD merupakan sebuah tuntutan karena ada keputusan Mendagri terkair RPJM. Maka keputusan tersebut harus diikuti dengan perubahan RPJMD Kabupaten Tasikmalaya.

“Perubahan RPJMD ini bukan berarti RPJMD kemarin tidak hebat, tidak bagus. Perubahan ini sebagai bentuk pemerintahan yang dinamis mengikuti kebijakan nasional,” teranga Uu sembari menyebutkan arah kebijakan pembanguan pemerintah pusat hari ini adalah ekonomi, lapangan kerja dan inprastruktur.

Di samping itu juga, perubahan RPJMD tersebut merupakan bukti pemerintah yang resfonsip terhadap keinginan masyarakat. “Kita resfon apa yang diharapkan masyarakat Kabupaten Tasikmalaya,” ucapnya.

Selain revisi RPJMD, dalam agenda sidang paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya lainnya yakni Paripurna Persetujuan Penetapan 2 Buah Raperda, Penyampaian Penjelasan Bappemperda terhadap perubahan Propemda 2018 dan usulan Perubahan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib dan terakhir penyampaian penjelasan Bupati tentang Raperda LPP APBD 2017 dan Perubahan Perda RPJMD 2016-2021. (Imam Mudofar)***