IKLAN
PARLEMENTARIA

DPRD Pertanyakan Kesiapan Investor Panas Bumi

Dudeh Ruhiyat

Dudeh Ruhiyat

TARKI, (KAPOL).-
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Garut mengaku sangat mendukung upaya pengelolaan potensi panas bumi yang masih banyak terdapat di wilayah Kabupaten Garut. Namun DPRD juga meminta kesungguhan dari pihak perusahaan yang akan menanamkan investasinya dalam bidang panas bumi tersebut.

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Garut, Dudeh Ruhiyat, menyebutkan pihaknya baru saja menerima rombongan dari pihak PT Garut Energi yang melakukan audiensi terkait niat mereka untuk menanamkan investasi di bidang pengelolaan panas bumi. Berdasarkan keterangan pihak investor, mereka tertarik untuk mengelola potensi panas bumi yang ada di kawasan Papandayan yang dinilai menyimpan cukup besar potensi panas bumi.

“Dari hasil audinesi tersebut juga terungkap kalau biaya yang diperlukan untuk melakukan eksplorasi saja mencapai trilyunan rupiah. Makanya kami mempertanyakan apakah mereka benar-benar siap terutama dalam hal finansialnya?,” ujar Dudeh saat ditemui di ruang rapat Komisi B DPRD Garut, Jumat (20/5/2016).

Namun demikian Dudeh menegaskan pihaknya pasti akan mendorong jika memang kesiapan dari pihak perusahaan terutama dalam hal finansial benar-benar matang. Apalagi perusahaan yang ingin berinvestasi tersebut merupakan perusahaan asal Garut.

Pihaknya, tutur Dudeh, mengkhawatirkan ketidaksiapan pihak perusahaan sehingga dalam perjalanannya nanti pengelolaan kemudian dijual ke pihak lain. Ini yang tidak diharapkan pihak DPRD sehingga kesiapan perusahaan yang mau menanam modal benar-benar harus dipastikan.

Potensi panas bumi yang masih banyak terdapat di wilayah Kabupaten Garut ini, diakui Dudeh telah memang cukup menggiurkan. Hal ini terbukti dengan cukup banyaknya perusahaan yang menyatakan keinginannya untuk berinvestasi dalam bidang tersebut.

“Selain PT Garut Energi, ada juga perusahaan lain yang juga mengajukan izin ekplorasi panas bumi di Papandayan yakni PT Wika Jabar Power. Perusahaan tersebut pun sudah menerima rekomendasi dari Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan Kabupaten Garut,” katanya. (A. Hendy)

Komentari

IKLAN
IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top