IKLAN
EDUKASI

Karya Emas dari Bahan Bekas

image

KATA siapa pelajar dari desa tak bisa berkarya? Faktanya, tiga pelajar asal Kabupaten Pangandaran berhasil membuat motor baru dari barang bekas.

Motor tiga roda yang sampai saat ini belum diberi nama itu sudah bisa diujicoba dan dipamerkan pada Pameran SMA/SMK se Kab Pangandaran di Lapang Merdeka, Kamis (10/9/2015).

Motor roda tiga itu sengaja dibuat untuk pengangkut padi, sayur, kelapa dan sampah. Dengan menggunakan barang bekas, menjelmalah motor karya anak bangsa ini meski belum rampung 100 persen.

Adalah Indra Senjaya, Adi Nisa dan Helmi Zakaria, siswa kelas 11 tekhnik kendaraan ringan SMK Pasundan Cijulang yang mengembangkan motor roda tiga di sekolahnya.

Terinspirasi masyarakat desa yang kalau panen padi selalu memikul beban, serta buruh kelapa yang begitu kecapaian kalau membawa kelapa, Indra, Adi dan Helmi berembuk membuat motor karya dia.

Dirumuskanlah bentuk motor sampai bahan-bahan, ketiganya mencari model motor melalui internet. Setelah terbayang jelas, lalu mengumpulkan semua kebutuhan yang diambil dari barang-barang bekas di sekolah.

Terkumpulah semua yang dibutuhkan, mulai dari mesin motor, sasis motor dari bekas tiang net voli, dan kotak kayu dari papan meja belajar bekas. Dirasa cukup, ketiga siswa itu pun meminta salah seorang guru SMK mendampingi.

Karena peralatan tak memadai, dipilihlah sebuah bengkel di Cijulang. Tak kurang dari satu minggu, jadilah sebuah motor dengan panjang 2 meter, roda tiga dalam kondisi apa adanya, tanpa aksesoris pelengkap layaknya sebuah motor.

“Artosna teu cekap pak,” kata Indra kepada “KP”.Menurut Indra, motor tersebut menghabiskan biaya Rp 700 ribu. Kalau dituntaskan masih butuh sekira Rp 1,5 juta lagi. Namun karena uangnya tidak cukup, ketiga siswa SMK Pasundan Cijulang ini harus menunggu bantuan lain agar motor tersebut betul-betul bisa dipakai. “Mudah-mudahan aya bantosan. Utamina ti pemerintah,” ujar mereka. (Jani Noor)

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab: AS Wibowo
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top