IKLAN
EKBIS

Tarif Murah Empat Rute Kereta Api Diberlakukan

image

TASIKMALAYA, (KAPOL)-.
Melalui akun resmi twitternya PT. KAI (@KAI121) mengumumkan pemberlakuan tarif khusus untuk empat rute per Kamis (20/08/2015).

Di antaranya, Jatibarang/Haurgeulis – Cirebon, Jatibarang – Tegal, Purwokerto – Yogyakarta, dan Banjar/Tasikmalaya – Bandung.

Tarif yang lebih murah dari biasanya itu hanya bisa dibeli sebelum dua jam keberangkatan. Berkisar mulai dari 20 ribu misalnya untuk Ciremai Ekspres Ekonomi, hingga 100 ribu keberangkatan Taksaka Eksekutif.

Menurut Kepala Stasiun Tasikmalaya Sutardi, hal tersebut demi mengoptimalkan idle seat pada beberapa tujuan rute menengah.

“Jadi kan banyak yang turun misalnya di Tasikmalaya, dengan tarif khusus itu sebetulnya lebih kepada memanfaatkan seat yang kosong tersebut,” jelasnya saat dihubungi “KP” melalui telepon selulernya, belum lama ini.

Menurut Sutardi, masyarakat kini telah mengetahui lebih banyak terkait informasi ini. Sehingga, setiap harinya dapat dipastikan jarang ada kursi yang tak terisi. Untuk itu dia menambahkan, jika tarif khusus pun tidak ada kuota. Itu hanya dapat berlaku selama ketersediaan kursi saja.

“Jadi pembelian misal hari ini tapi untuk keberangkatan besok, ya tetap saja berlaku tarif normal. Karena untuk khusus ini hanya bisa dibeli on the spot saja,” ujarnya.

Menurut Sutardi, tiket yang kini selalu habis terjual setiap harinya lantaran animo dan pengetahuan masyarakat sudah semakin baik.

Dia juga melanjutkan, jika tarif khusus untuk dua jam pemberangkatan sebelumnya pun sudah ada. Hanya saja kali ini jauh lebih murah. Seperti misalnya untuk kereta kelas eksekutif Turangga, Argowilis, dan Lodaya sebesar 70 ribu rupiah. Sementara, untuk bisnis 60 ribu rupiah, dan ekonomi sebesar 50 ribu rupiah.

“Batas waktunya ya mengikuti dari kebijakan pusat saja, karena pada intinya ketika seat tidak tersedia maka tidak ada tarif khusus,” imbuhnya. (Astri Puspitasari)

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab: AS Wibowo
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top