Erry, Pemilu 2019 Membingungkan

SODONGHILIR, (KAPOL).-Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden, tidak akan lama lagi yakni 17 April 2019 mendatang. Waktu yang sempit ini dimanfaatkan pengurus Partai maupun Calon Legislatif untuk mengsosialisasikan cara mencoblos surat suara yang sah. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dan suara dianggap tidak sah.

Seperti halnya yang dilakukan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Tasikmalaya, Drs. Erry Purwanto saat menghadiri acara Masa Reses III tahun 2018, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Yod Mintaraga di Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (2/12/2018).

Pada kesempatan tersebut Erry Purwanto yang turut mendampingi H. Yod Mintaraga memaparkan cara memilih yang benar saat pencoblosan surat suara nanti. Dimana nanti saat Pemilu 2019, ada 5 surat suara yakni Surar suara Pilpres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Dimana hak pilih boleh mencoblos gambar partai dan calon legislatif di partai yang sama. Asal jangan mencoblos partai, namun calon legislatifnya di partai yang berbeda. Erry memeragakan simulasi pencoblosan dan mencontohkan surat suara.

“Saya ingin membantu KPU turut mensosialisasikan Pemilu 2019, khususnya dalam teknis pencoblosan. Karena khawatir banyak suara yang tidak sah,” ucapnya.

Dikatakan dia, Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 berbeda dengan Pemilu sebelumnya. Dimana Pemilu 2019 sangat berat, karena merupakan pesta demokrasi pertama di Indonesia, yang sekaligus menyetakan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, bersama pemilihan para Anggota DPRD Kabupaten dan DPRD Provinsi, maupun pemilihan anggota DPR-RI serta pemilihan anggota DPD.

Selain membingungkan, masing-masing pemilih diprediksikan akan memerlukan waktu mencoblos lebih lama dibandingkan dengan Pemilu-Pemilu sebelumnya. Masing-masing pemilih, diprediksikan memerlukan waktu pencoblosan selama 7 sampai 10 menit di bilik suara. Karena ada 5 lembar jenis surat suara yang harus dicoblos di bilik pemilihan.

”Bisa jadi untuk pemilih ibu-bapak yang telah berusia sepuh, waktunya masing-masing dapat lebih dari 10 menit. Sebab untuk membuka dan melipat kembali surat suara saja, mereka membutuhkan waktu sekitar dua menit sendiri,” tuturnya.

Untuk mendukung agar penyelenggaraan Pemilu serentak Tahun 2019 berjalan lancar, pihaknya turut menaosialisasikan cara pencoblosan, ungkapnya.(Ema Rohima)***

Komentari