EZ. Alfian: UNBK Bisa Meningkatkan Integritas Siswa

image

SINGAPARNA, (KAPOL).-
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, H. Endang Zaenal Alfian mengatakan, UNBK secara faktual bisa meningkatkan nilai integritas moral atau kejujuran.

Pasalnya ruang untuk anak-anak berbuat tidak jujur sama sekali tidak ada. Nilai-nilai kejujuran harus terus ditingkatkan dan salah satunya melalui pelaksanaan ujian baik yang manual atau pun UNBK.

“Secara faktual, tingkat kejujuran lebih meningkat, karena memang tidak ada ruang untuk berbuat tidak jujur,” jelas Alfian saat memantau pelaksanaan UNBK di SMK Al-Huda, kecamatan Leuwisari Senin kemarin.

Tahun ini nilai integritas atau kejujuran harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Anak anak kata dia harus mampu menerapkan proses pendidikan yang didalamnya ada nilai-nilai kejujuran dan tidak berbuat curang.

Sebelumnya tegas Alfian pihak dinas sudah memberikan amanat kepada sekolah dan anak-anak, mengenai pelaksanaan UN baik yang konvensional atau pun UNBK bukan hanya sebagai tolak ukur keberhasilan pendidikan, tetapi juga sebagai bagian dari penerapan proses pendidikan itu sendiri.

“Mudah-mudahan saja nilai integritas bisa terus naik dan bisa lebih baik lagi disamping nilai hasil UN meningkat,” terangnya. (Abdul Latif)

Komentari