Ferdiansyah, Pariwisata Bisa Memajukan Daerah

LELES, (KAPOL).-Saat ini masih banyak masyarakat yang belum sadar wisata. Hal ini sangat berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisata yang relatif masih kurang.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Ferdiansyah di sela kegiatan pemutaran film Kartini di Alun- alun Kecamatan Leles, Sabtu (12/5/2018) malam kemarin.

Menurut politisi Partai Golkar ini kalaupun saat ini sudah ada masyarakat yang sadar wisata, akan tetapi baru sebagian kecil dan itupun dinilai lambat. Namun demikian hal ini tentu jauh lebih baik daripada tidak sama sekali.

“Saya sangat menyayangkan jika masyarakat Kabupaten Garut baru saja sadar dan mengetahui pariwisata itu penting. Namun tentunya ini jauh lebih baik daripada tidak sama sekali,” ujar Ferdiansyah.

Disampaikannya, sadar wisata adalah mengetahui bila wisata merupakan salah satu cara untuk memajukan setiap wilayah yang memiliki potensi. Garut sendiri menurutnya mempunyai potensi yang sangat besar di sektor wisata sehingga harus disadari masyarakatnya.

Diakuinya, dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir dirinya terus berupaya menggempur masyarakat Kabupaten Garut untuk sadar akan wisata. Sejumlah pembinaan pun telah dilakukan terhadap masyarakat untuk memperkuat sumber daya manusia (SDM) wisata.

Menurutnya, akibat masyarakat yang belum sadar wisata, banyak wisatawan yang bertandang ke Kabupaten Garut tidak merasakan sesuatu yang berkesan. Salah satunya masih banyaknya tempat wisata du Garut yang kebersihannya belum tertata sehingga membuat kapok para wisatawan.

“Selain itu, berkaitan dengan sadar wisata, saya menyarankan dibuat empat cluster dalam pariwisata, yakni untuk wisatawan mancanegara, wisatawan nusantara, wisatawan regional, dan lokal. Hal itu dilakukan karena tidak semua kawasan pariwisata cocok untuk semua kalangan, sehingga harus diarahkan sesuai minat,” katanya.

Terkait kegiatan pemutaran film nasional yang selama ini gencar diselenggarakannya di sejumlah daerah di Garut, Ferdiansyah menuturkan hal itu juga merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap film nasional. Film nasiinal harus menjadi tuan rumah di negerinya sendiri dan menjadi tamu kehormatan di negara lain.(Aep Hendy S)***

Komentari