IKLAN
LINIMASA

FKJTT: Yang Mengaku-ngaku Wartawan dan Melakukan Pemerasan Harus Ditindak

Ketua FKJTT, Hendra Hendriana

Ketua FKJTT, Hendra Hendriana

SINGAPARNA (KAPOL),-
Keberhasilan Satreskrim Polres Tasikmalaya membekuk pelaku pemerasan yang mengaku-ngaku sebagai wartawan itu mendapatkan apresiasi dari FKJTT (Forum Komunikasi Jurnalis Televisi Tasikmalaya).

Ketua FKJTT, Hendra Hendriana mengatan orang-orang yang seperti itulah yang merusak citra wartawan yang sesungguhnya.

Alhasil mereka yang bekerja sungguh-sungguh sebagai wartawan, kerap dipandang sebelah mata oleh masyarakat akibat ulah mereka-mereka yang mengaku sebagai wartawan.

“Yang seperti ini (mengaku-ngaku wartawan dan melakukan pemerasan, red) memang harus ditindak. Mereka yang membuat buruk citra wartawan,” kata Hendra yang juga berprofesi sebagai jurnalis televisi dari Metro TV wilayah tugas Kota/Kab. Tasikmalaya kepada Kapol, Jum’at (21/8/2015) siang.

Hendra menegaskan, masyarakat perlu lebih cerdas menyikapi keberadaan wartawan tanpa surat kabar yang dewasa ini jadi fenomena nyata di tengah-tengah masyarakat.

Caranya dengan tidak takut atas apapun ancaman atau tuduhan yang mereka konfirmasikan. Mereka yang mengaku-ngaku wartawan hanya untuk sekedar meminta sejumlah uang itu tidak memiliki media yang jelas.

“Masyarakat tidak perlu takut. Mereka tidak punya media yang jelas. Apalagi kalau jelas-jelas tidak salah. Kalau mereka mengancam, tinggal laporkan saja kepada pihak yang berwajib,” kata Hendra.

Selain itu, kata Hendra, dari segi penampilanpun cenderung bisa dibedakan mana wartawan sungguhan dan mana uka-uka (sebutan untuk mereka yang mengaku-ngaku wartawan tanpa media yang jelas).

Jurnalis sesungguhnya mengedepankan etika dan tatakrama. Tidak tampak seperti preman. Dari segi pemahaman intelektual pun cenderung bisa dibedakan.

“Tidak sembarang orang bisa jadi wartawan. Mereka yang menjadi wartawan ini punya basik pendidikan yang jelas dan mengedepankan sopan santun,” ujar Hendra. (Imam Mudofar)

Komentari

IKLAN

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top